Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemnperin Ingin Wujudkan Kendaraan Pedesaan Seharga Rp 60 Juta

NavigasiNews – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut, sudah ada 5 contoh (prototype) mobil perdesaan yang telah lolos tes. Jika segala sesuatu hal sudah selesai maka pemerintah akan meminta pabrikan untuk memproduksi massal mobil pedesaan ini.

“Sekarang sudah ada 5 (prototype), sudah tes (jalan) 1.000 km (kilometer), sudah uji emisi dan hasilnya lolos. Tapi nanti kita akan perbaiki (desain dan kelengkapan) 5 mobil ini baru kita akan sebarkan ke manufacturing yang bersedia produksinya,” tuturnya, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Hadirnya rencana pembuatan mobil desa dikarenakan, kebutuhan masyarakat akan kebutuhan alat angkut yang layak jalan. Jadi mobil perdesaan di desain pergerakannya four wheel drive dan juga modelnya seperti pickup sehingga bisa membawa barang ataupun alat pertanian.

“Di daerah kita banyak temukan gerandong. Jadi gerandong itu kendaraan buatan masyarakat yang sebetulnya itu peralatan untuk pertanian. Sekarang kita balik ini industri otomotif bisa juga pertanian,” tuturnya.

Perihal harga, Airlangga menuturkan, Rp60 juta sebagai basis produksi. Nantinya desain mobil tinggal ditambah asesoris seperti apa dan sebagainya.

“Itu (desain) dilakukan oleh kementerian dan sifatnya over sourcing, jadi produksinya bisa di berbagai tempat,” ujarnya.

Be the first to comment on "Kemnperin Ingin Wujudkan Kendaraan Pedesaan Seharga Rp 60 Juta"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*