Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kirim Email Bikin Bumi Makin Panas?

NavigasiNews – Berdasarkan banyak penelitian, dari hari ke hari pemanasan global yang dialami oleh Bumi semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari asap kendaraan sampai saling berkirim email. Benarkah?

Pernah kah Anda mendengar soal jejak karbon alias carbon footprint? Jejak karbon bisa dikatakan sebagai gas rumah kaca yang dihasilkan oleh seorang individu, benda, peristiwa, sampai sebuah organisasi dari sisa kegiatan mereka. Dan salah satu dari aktivitas itu adalah berkirim email.

Dari hasil penelitian ‘Carbon Footprint of Spam’ yang baru-baru ini dirilis oleh McAfee, terungkap bila mengirimkan satu buah email sama dengan menambahkan 4 gram karbondioksida ke atmosfer Bumi. Lebih lanjut, mengirim 65 email disebut sama dengan gas buangan mobil yang berjalan sejauh 1 kilometer.

Bayangkan berapa banyak karbondioksida yang setiap hari dibuang ke angkasa oleh manusia mengingat McAfee menyatakan bila rata-rata 1 orang per hari menerima 125 email. Jika ditotal, dalam satu tahun emisi karbondioksida yang dihasilkan dari berkirim email dari seluruh netizen di dunia sama dengan gas buang 3,1 juta mobil yang menghabiskan 7,5 miliar liter bensin!

Selain email, aktivitas internetan lain juga berkontribusi terhadap peningkatan global warming, seperti mencari data di ‘mbah’ Google yang bisa menghasilkan 0,2-4,5 gram karbondioksida.

Be the first to comment on "Kirim Email Bikin Bumi Makin Panas?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*