Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Dukung E-Commerce, Pemerintah Berikan Domain Gratis Untuk IKM

NavigasiNews – Pemerintah mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) memasuki era perdagangan digital atau e-commerce. Guna mendukung program tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan domain dan housting gratis bagi para IKM yang tergabung dalam e-Smart IKM.

Program e-Smart IKM merupakan sistem database IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra, dan produk yang nantinya akan diintegrasikan dengan berbagai marketplace yang sudah ada.

“Kominfo menyediakan kalau sekarang IKM masih jadi pelapak di marketplace, suatu saat mereka wajib jualan sendiri dan diberi cap. Ini IKM kita berikan nama domain gratis dan hosting gratis,”ujar Menkominfo Rudi Antara, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Berdasarkan perjanjian kerjasama Kementerian Perindusrian dan Kemenkomifo terdapat 50 sentra IKM yang dikut sertakan dalam e-Smart IKM. Sentra IKM ini dinilai telah siap memasuki era digital di antaranya sepatu, kulit, kerajinan, logam, asesoris.

“Jadi nanti untuk pembuatan website diserahkan pada IKM maunya apa, misalnya rudiantara.co.id. Terserah, kalau bingung nanti kita juga berikan pembelakaran, kan ada IKM-IKM yang letaknya di daerah terpencil,” tuturnya.

Sementara itu, Rudi menambahkan, pemerintah berencana membangun 600 unit jaringan internet yang tersebar di 122 kabupaten. Tujuannya supaya daerah-daerah terpencil dapat mengkases internet dengan mudah.

“Disiapkan satu titik itu Rp600 juta dengan domain dan housting. Kita sudah petakan dengan data sentra IKM yang ada di Kemenperin,” tandasnya.

Be the first to comment on "Dukung E-Commerce, Pemerintah Berikan Domain Gratis Untuk IKM"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*