Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

NavigasiNews – Tomat, sayuran dengan paduan rasa asam dan manis ini sarat kandungan gizi. Tomat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu mengatasi beberapa penyakit serta membuat kesehatan Anda terjaga.

Berikut lima manfaat sehat dari mengonsumsi tomat,

1. Memperbaiki penglihatan

Vitamin A dalam tomat membantu meningkatkan kesehatan mata serta mencegah rabun senja dan degenerasi makular (hilangnya penglihatan karena kerusakan bagian tengah retina).

2. Membantu memerangi kanker

Menurut studi, tomat kaya akan likopen, antioksidan yang efektif menurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru, perut, serta prostat.

3. Menjaga kesehatan darah

Penelitian menunjukkan, satu buah tomat bisa memberi sekitar 40 persen vitamin C harian yang diperlukan tubuh. Tomat juga mengandung vitamin A, potassium, dan zat besi yang diperlukan untuk menjaga darah tetap normal. Kandungan vitamin K dalam tomat pun membantu mengontrol dan mencegah penyumbatan darah.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Likopen dalam tomat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi tomat secara rutn membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, mengurangi endapan lemak dalam pembuluh darah.

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

Mengonsumsi tomat setiap hari bisa membantu sistem pencernaan tetap sehat karena bisa mencegah konstipasi dan diare. Rutin mengonsumsi tomat juga mencegah jaundice dan efektif mengeluarkan racun dari tubuh.

Meski tomat punya banyak manfaat bagi kesehatan, namun sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Untuk sebagian orang, konsumsi tomat berlebih bisa memicu sensasi terbakar pada kerongkongan dan masalah pencernaan seperti naiknya asam lambung.

Be the first to comment on "5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*