Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Mentan : Cabai Mahal, Ibu-Ibu Tanam Cabai Sendiri

NavigasiNews – Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengaku tak habis pikir polemik harga cabai belum juga mereda. Menurut dia, bahan baku sambal ini tak semestinya naik jika masyarakat ikut menanam cabai sendiri di rumah.

“Ini cabai saja teriak, karena apa? Malas (menanam). Kalau setiap rumah tangga tanam cabai, 8 bulan selesai persoalan. Hanya 5 batang, tanam di 5 pot,” ucap Amran saat kunjungan kerjanya di Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/1/2017).

“Ini kekuatan ibu-ibu kita yang dimanfaatkan. Ada 126 juta ibu-ibu atau hampir 50% jumlah penduduk. Kalau bergerak, kurangi gosipnya 5 menit saja, 5 menit setiap pagi pakai buat tanam cabai, selesai persoalan,” katanya lagi.

Dalam perkara cabai rawit ini, Amran berharap setiap rumah tangga bisa menanam cabai di rumah untuk kebutuhan dapurnya sendiri.

Dia melanjutkan, dirinya cukup kesal pemberitaan mahalnya harga cabai ini seolah tak ada habis-habisnya. Di sejumlah daerah, harga cabai rawit sendiri saat ini belum juga beranjak turun dari harga di atas Rp 100.000/kg.

“Yang kemarin-kemarin dibahas cabai terus, aku hanya bisa urut dada. Padahal cabai yang mahal itu jenis cabai rawit. Begitu banyak cabai, tapi satu cabai jadi pembahasan,” tandas Amran.

Be the first to comment on "Mentan : Cabai Mahal, Ibu-Ibu Tanam Cabai Sendiri"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*