Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Impor Buah Marak, Mendag Akan Datangi Importir

NavigasiNews – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita akan berdialog dengan importir buah. Langkah ini diambil lantaran banyaknya buah impor yang masuk, termasuk buah yang bisa ditanam di Indonesia.

Padahal ragam buah lokal yang dipanen di Indonesia kualitasnya tak kalah bagus dibandingkan buah impor. Kemudian, dari segi jumlah, produksi buah lokal masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Kita ajak bicara mereka (importir), yuk kamu ini mau impor apa saja? Kenapa tidak beli di dalam negeri? Kenapa masih impor,” ujar Enggar setelah menghadiri Rakernas Pembangunan Pertanian di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2016).

Menurutnya, selama ini petani buah lokal tidak memiliki akses yang mudah untuk masuk ke pasar. Enggar menilai, jika petani buah lokal memiliki akses yang mudah untuk menjual produknya ke pasar, kualitas buah lokal juga bisa meningkat.

“Hanya persoalan mereka adalah tidak punya akses ke pasar. Kalau tidak ada jaminan pasar, mereka tidak akan bisa perbaiki kualitas,”ujar Enggar.

Varietas buah lokal juga bakal didorong pemasarannya. Sehingga produksi buah lokal tidak terus menurun karena kalah jual di pasar.

“Produksi terus menurun karena nggak ada buyer (pembelinya), buyer di pasar tradisional saja. Di toko buah sedikit sekali yang lokal,” kata Enggar.

Be the first to comment on "Impor Buah Marak, Mendag Akan Datangi Importir"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*