Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Putus Kontrak JP Morgan, Ini Kata Sri Mulyani

JP Morgan dianggap mengganggu psikologis investor

NavigasiNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan rilis uang dikeluarkan JP Morgan Chase Bank dapat mengganggu psikologis investor di Indonesia. Dalam rilisnya, JP Morgan menurunkan peringkat utang Indonesia dari overweight menjadi underweight.

Menurutnya, sebagai lembaga riset yang menjadi partner pemerintah maka JP Morgan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi psikologis investor di Tanah Air. Namun, riset JP Morgan itu justru akan menciptakan efek negatif terhadap psikologis investor di Indonesia.

“Faktor psikologis itu sangat penting bagi seluruh lembaga partner pemerintah untuk juga ikut memiliki tanggung jawab yang sama pentingnya. Kami dalam hal ini tidak menutup diri dan membuka diri terhadap semua kritik dan assessment. Karena penting bagi kita untuk memperbaiki diri,” ujar Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Selasa (3/1).

Menurutnya, JP Morgan seharusnya lebih berhati-hati dalam membuat sebuah riset. Terlebih, JP Morgan telah memiliki nama besar di dunia, sehingga hasil risetnya tersebut sedikit banyak akan memengaruhi niat investor untuk berinvestasi di sebuah negara.

“Lembaga apalagi yang memiliki nama besar memiliki tanggungjawab besar untuk menciptakan psikologi yang positif. Bukannya melakukan apa yang disebut miss leading. Dan ini sesuatu yang ingin kami lakukan. Oleh karena itu setelah kami melakukan evaluasi, kami ingin seluruh stakeholder mendapat message yang sama. Mari kita bekerja secara positif,” jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengakui, pemerintah sejatinya menerima setiap kritik dan masukan yang diberikan oleh berbagai pihak. Pemerintah juga akan terus melakukan perbaikan terhadap kebijakan fundamental ekonomi Indonesia.

“Namun, partner kami yang bekerja sama dengan pemerintah apalagi kerja sama yang menempatkan mereka memiliki privillege yang sangat penting, mereka juga punya tanggung jawab yang luar biasa penting,” pungkasnya.

Be the first to comment on "Putus Kontrak JP Morgan, Ini Kata Sri Mulyani"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*