Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tanam Cabai Berbahaya, WNA Asal China Ditangkap Imigrasi Kota Bogor

Ilustrasi Penangkapan

Navigasinews- Sebanyak empat Warga Negara Asing (WNA) asal China ditangkap oleh pihak imigrasi Kota Bogor yang bekerja sama dengan Tim Pengawas Orang Asing (Tim PORA) DKI Jakarta. Keempat WNA tersebut ditangakap setelah diketahui telah melakukan pelanggaran keimigrasian.

Menurut data yang diterima Navigasinews, keempat warga pendatang asal china tersebut ditangkap pihak imigrasi Kota Bogor di area penanaman cabai di dua lokasi yang berbeda, yakni di Kp. Cihiem Rt. 01/03 dan di Kp. Manglad RT. 03/001 Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Keempat WNA yang ditangkap antara lain, Xue Qingjiang, Yu Wai Man, Gu Zhaojun dan Gao Huaqiang. Saat diperiksa, kedua warga asing terduga penyalahgunaan izin berkunjung yakni Xue Qingjiang dan Yu Wai Man (alias AMING) mengaku memiliki izin tinggal di Indonesia, bahkan Yu Wai Man diketahui telah memiliki Kartu Ijin Tinggal Terbatas (e-KITAS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sedangkan dua orang lainnya, Gu Zhaojun dan Gao Huaqiang ditemui tidak memiliki dokumen apapun

Dalam penelusuran Tim PORA Kota Bogor dan DKI Jakarta, ditemukan keempat WNA asal China tengah melakukan penanaman cabai di atas lahan seluas 4 hektare, dimana sebagian darinya telah ditanami benih cabai yang disemai dan tanaman yang sudah menjadi bibit.

Tanaman benih dan bibit cabai yang dicurigai didatangkan dari China oleh keempat WNA tersebut diduga mengandung virus yang berbahaya bagi tumbuhan di sekitarnya. Data ini dikeluarkan oleh Balai Besar Karantina Tanaman (BBKP) Bandara Soekarno Hatta setelah cek laboratorium.

“BKP Bandara Soetta yang dipimpin oleh Ir.Idham,M.Si jabatan KasieWasdak KT BBKP Soekarno Hatta dengan anggota : Drh. Koentjoro Soelisiyono, Sunan Jaya,S.H., Maulana Budi Dharma,S.Sos,SP, dan Nely Zubaedah,S.Si,M.Si, Berdasarkan Surat Tugas Nomor : 1233 / TU.040 / K.4 / XII / 2016 tanggal 05 Desember 2016, yang didampingi Polsek Sukamakmur dan aparat Desa Sukadamai Melakukan pemberantasan tanaman cabai yang ditanam oleh WNA China. BBKP menemukan adanya Media Pembawa Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) A1 pada tanaman cabai (Capsicumsp),” tulis keterangaan dalam data yang diperoleh Navigasinews.

Keempat WNA yang berasal dari China itu diketahui masih diamankan di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bogor guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.(GS)

Be the first to comment on "Tanam Cabai Berbahaya, WNA Asal China Ditangkap Imigrasi Kota Bogor"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*