Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Bertemu Kofi Annan, Jokowi Tegaskan Indonesia Akan Bantu Krisis Kemanusiaan Rohingya

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Mantan Sekjend PBB Kofi Annan, di Nusa Dua, Bali.

Navigasinews- Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melakukan pertemuan dengan mantan Sekjend PB Kofi Annan di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali pada Kamis 8 Desember 2016.

Dalam pertemuan singkat berdurasi 30 menit tersebut, keduanya membahas mengenai isu internasional terkait krisis kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, negara bagian Rakhine, Myanmar.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pertemuan dengan Kofi Annan berlangsung cukup serius, dimana Indonesia disarankan agar ikut mengambil sikap dan langkah strategis guna membantu menyelesaikan  persoalan kriris kemanusiaan Rohingya.

“Kofi Annan adalah Ketua Advisory Committee untuk Rakhine State. Jadi kita telah berbicara banyak dan dalam diskusi tadi Beliau menyampaikan mengenai langkah-langkah yang perlu kita ambil dalam membantu kemanusiaan yang ada di Rakhine State,” kata Presiden Jokowi seusai pertemuan.

Salah satu langkah Indonesia dalam menyikapi isu Rohingya, tambah Jokowi, Indonesia pasti akan membantu warga Rohingya yang menjadi korban kekerasan serta membangun komunikasi dengan pemerintahan Myanmar agar krisis kemanusiaan di Rohingya dapat segera tuntas.

“Saya juga telah memerintahkan kepada menteri untuk menyiapkan bantuan secepatnya agar bisa dikirim,” tambah Jokowi.

Pemerintahan Indonesia melalu Menteri Luar Negri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, Indonesia berkomitmen untuk membantu menyelesaikan Rohingya secara konsisten dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Retno menambahkan bahwa itu selaras dengan instruksi Presiden Jokowi.

“Untuk langkah yang lebih panjang ada beberapa hal yang diperlukan dan kita sudah bahas dengan State Counselor Aung San Suu Kyi, yakni pemberian kapasitas di bidang¬†good government democracy¬†dan juga di bidang HAM. Ini program sudah kita lakukan tapi akan diteruskan karena ini merupakan hal penting,” kata Retno.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Kofi Annan, yang sekaligus menjabat Chairman Kofi Annan Foundation memuji langkah pemerintah Indonesia dalam membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di negara bagian Rakhine tersebut. (GS)

 

Be the first to comment on "Bertemu Kofi Annan, Jokowi Tegaskan Indonesia Akan Bantu Krisis Kemanusiaan Rohingya"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*