Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jika Ditetapkan Jadi Tersangka, Apa yang Ahok Harapkan?

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Navigasinews – Gelar perkara penyelidikan dugaan penodaan agama dengan terlapor calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan digelar Selasa, 15 November 2016. Setelah gelar perkara, tim penyidik akan menyimpulkan kasus ini bisa ditingkatkan ke penyidikan atau tidak. Kesimpulannya akan disampaikan pada Rabu atau Kamis mendatang.

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan gelar perkara secara terbuka sehingga bisa diliput awak media. Kepolisian juga mengundang Ombudsman RI, dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk mengawal proses gelar perkara tersebut.

“Pihak netral seperti Ombudsman dan Kompolnas tidak hanya akan berbicara, melainkan akan mengawasi,” ujarnya, di Markas Korps Brigade Mobil, Depok, Senin, 14 November 2016.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar menjelaskan, ada 20 ahli yang diundang Polri untuk menghadiri gelar perkara ini. Mereka terdiri atas ahli agama, ahli pidana, dan ahli bahasa baik dari pihak terlapor maupun pelapor.

“Gelar perkara Selasa besok jam 09.00 di Rupatama Mabes Polri,” ujar Boy di Markas Korps Brigade Mobil, Depok, Senin, 14 November 2016. “Jadi pembukaan nanti bisa diliput media, tapi pada saat pembicaraan substansi, semua menunggu di luar.”

Menjelang gelar perkara, Ahok menyampaikan, dirinya berkeyakinan Polri akan bekerja secara profesional dalam mengusut kasusnya. Jika nanti kasusnya naik ke penyidikan, Ahok berharap kasusnya segera cepat dibawa ke pengadilan dan bisa ditonton banyak orang.

“Saya yakin saya tidak bersalah. Pengadilan harus terbuka. Jika jadi tersangka, ini harus segera dinaikkan ke pengadilan,” ujarnya di Rumah Lembang, Jalan Lembang, Nomor 25 dan 27, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 14 November 2016. “Saya tidak apa-apa dinyatakan bersalah daripada dipaksa mundur (dari pencalonan).”

Source: Tempo.co

Be the first to comment on "Jika Ditetapkan Jadi Tersangka, Apa yang Ahok Harapkan?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*