Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

LSI: Publik Kaltara Menganggap Kepemimpinan Irianto Berhasil

TARAKAN – hasil survey LSI menunjukkan 65 persen publik Kalimantan Utara menilai kepemimpinan Irianto Lambrie berhasil. Irianto perkasa memuncaki raihan elektabilitas, mengungguli kompetitor lainnya di Pilgub Kaltara.

Irianto Lambrie juga dianggap figur yang paling mampu mengatasi problem ekonomi di Kaltara. Hal itu tak lepas dari posisinya sebagai petahana yang sudah memiliki pengalaman di pemerintahan.

“Memang kalau kita lihat ada preferensi dari masyarakat bahwa permasalahan ekonomi ini paling penting di Kaltara. Kita sudah breakdown di 5 kabupaten kota dan memang problem ekonomi di atas 50 persen menganggap masalah yang penting,” jelas Peneliti Senior LSI Networks, Ikrama.

Dari data aspek kemampuan dalam mengatasi ekonomi, LSI melihat persepsi kemampuan dalam mengurus ekonomi dapat mempengaruhi elektabilitas.

“dan kami melihat bahwa problem ekonomi ini juga berkaitan dengan pasangan calon. dari aspek ekonomi kita juga tanyakan ke masyarakat, dari tiga kandidat siapa kandidat yang memilIiki kemampuan dalam menangani ekonomi. Dan disini 30 persen menyebut pak Irianto Lambrie,” kata Ikrama.

Data LSI menyebutkan elektabilitas Irianto Lambrie berada di angka 34,6 persen. Disusul Udin Hianggio dengan 18,3 persen dan Zainal Arifin Paliwang yang didukung sebesar 11,8 persen.

Faktor tingginya elektabilitas Irianto Lambrie juga dipengaruhi oleh tingkat popularitas dan keterkenalannya di Kaltara. Tingkat popularitas sang petahana adalah 90,2 persen. Unggul jauh dibanding kompetitornya Udin Hianggio dengan 74,8 persen dan Zainal Arifin Paliwang yang baru dikenal 43,6 persen.

“Elektabilitas hari ini memang Irianto Lambrie masih di puncak klasemen lah kalau kita bilang ya. Karena elektabilitasnya paling atas yaitu 34 persen, dengan selisih elektabilitas dengan kompetitor terdekatnya itu antara 16 sampai 22 persen. Jadi menjelang 2 bulan (hari pemungutan suara) memang posisi petahana cukup perkasa,” ujar Ikrama. (red)

Be the first to comment on "LSI: Publik Kaltara Menganggap Kepemimpinan Irianto Berhasil"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*