Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Prof Idrus Paturusi : Minyak Kayu Putih Bisa Menghambat Replikasi Virus

                     Oleh: dr. Idrianti Idrus Sp.KK

Navigasinews.com – Setelah divonis positif COVID-19, Bapak langsung masuk ke ruang isolasi RS Unhas ditemani dengan belahan hatinya Ibu saya. Banyak orang orang baik memberikan suplemen, kurma ajwa, madu herbal dan jamu racikan seorang dokter, termasuk adik-adik bapak yang langsung ke Makassar membawakan suplemen.

Hari kedua atau hari ketiga Bapak di ruang isolasi, saya ditelepon oleh sahabat beliau dr. Murni Sp.B dan menyarankan agar Bapak diberikan minyak kayu putih.

FYI, ibu saya memang pecinta minyak kayu putih dan minyak tawon sedari dulu, dan rajin menggosokan minyak minyak ini di tubuhnya. Bapakpun sangat suka dengan minyak kayu putih karena pengalamannya saat kecil selalu dibalur minyak kayu putih. Jadi masuk di kamar isolasi pun persediaan minyak kayu putih sudah ada.

Singkat cerita Bapak dan Mama memang sudah memakai minyak kayu putih dan memang merasakan dadanya makin plong dan lega.

Alhamdulillah setelah swab ketiga dan keempat Bapak negatif, bisa keluar RS dan akhirnya banyak yang telepon ke Bapak, termasuk salah satu pejabat pusat yang kenal sangat dekat dan ketika itu hasil rapid-test beliau adalah positif. Karena teman, Bapak beritahukan tentang semua pengobatan dan suplemen yang Bapak pakai, termasuk minyak kayu putih ini.

Saya sempat kesal karena semua suplemennya ini belum tentu bisa menyembuhkan COVID-19, tetapi banyak yang memanfaatkan situasi dan mengklaim kalau ini suplemen tersebut adalah obat COVID-19.
Karena kami akademisi jadi tentunya harus melakukan beberapa penelitian tertentu untuk mendapatkan suatu terapi and its a long journey.

Akhirnya Bapak membentuk tim di awal bulan April 2020 untuk meneliti efek minyak kayu putih ini, karena bagi Bapak sangat masuk akal kalau minyak kayu putih bisa menghambat replikasi virus.

Bapak pun melakukan sedikit literature review dan mendapat beberapa jurnal pendukung kalau minyak kayu putih ini, ternyata manfaatnya sangat banyak.

Selain mempunyai efek sebagai antibakteri, anti jamur, ternyata juga bisa menginaktivasi airborne virus. 1,8-cineol yang merupakan zat aktif minyak kayu putih bisa sebagai anti-inflamasi dan kandungan eucalyptus-nya berfungsi sebagai ekspektoran, mukolitik dan decongestan.

Dan ketika kita melakukan pertemuan melalui Zoom dengan anggota Tim Peneliti yang diketuai oleh Prof. Elly dari Farmasi, maka kami mendapatkan lagi tambahan beberapa jurnal pendukung bahwa Eucalyptus bisa bertindak sebagai anti virus. (Untuk metode pemberian kami masih pelajari untuk dosis pemberian, jadi sebaiknya tulisan ini di jadikan sekedar pengetahuan saja).

Nah, penelitian kamipun berjalan sejak itu. Tim kami ini adalah gabungan para dosen Unhas yang berada di Makassar, Inggris, Jepang dan Korea Selatan. Semoga dengan penelitian ini bisa menghasikan sesuatu yang berguna untuk para pasien COVID-19.

Akun Facebook Eche Idrus, yang di posting beberapa waktu lalu.

Sumber : 10 April 2020 (via FB / Eche Idrus)

25 Comments on "Prof Idrus Paturusi : Minyak Kayu Putih Bisa Menghambat Replikasi Virus"

  1. Thahir Haning | 10 Mei 2020 pada 12:44 pm | Balas

    Semoga minyak kayu putih bisa menjadi solusi utk membantu penyembuhan pasien Covid-19. Krn Sabda Nabi semua penyakit yang diturunkan Allah pasti ada obatx kecuali kematian itu sendiri. Semoga Sukses Tim Riset ini. Wass

  2. Thahir Haning | 10 Mei 2020 pada 12:45 pm | Balas

    Semoga minyak kayu putih bisa menjadi solusi utk membantu penyembuhan pasien Covid-19. Krn Sabda Nabi semua penyakit yang diturunkan Allah pasti ada obatx. Semoga Sukses Tim Riset ini. Wass

  3. Minyak kayu putih.secara farmakologi sdh digunakan sebagai obat disetiap keluarga
    dari sejak jaman dulu sebelum. Berkembangnya teknologi farmasi .
    Dan bukti bhw dari anak bayi sampai dewasa terbukti minyak kayu putih pencegah bbrp.macam penyakit seperti masuk.angin dan sakit lainnya dgn aRoma yg khas terasa harum dan segar saat kita menghirup nya .
    Wassalam

  4. Tak ada penyakit yg tanpa Obat, ikhtiar manusia yang dikaruniai akal pikiran*n sya Allah akan membuahkan Hasil, Semoga dalam Minyak Kayu Putih ini menjadi alternatif sederhana dan murah dalam melawan Covid19 ini.. aamiin yaa Rabbal’aalaamiin

  5. Insya Allah bisa menghambat perkembangan Virus terutama virus corona… Aamiin..

  6. Daswatia astuty | 11 Mei 2020 pada 12:46 am | Balas

    Kebiasaan membaluri dada dan perut dg minyak katu putih sejak kecil oleh ibu, sy teruskan sampai skg diusia 60 th, bahkan jadi tradisi anak2 saya juga.
    Sy merasakan manfaat badan jd hangat dan pernapasan saya lega, aromanya sangat membuat nyaman jk dihirup.
    Lebih Terasa hangat yg melegakan jika pada udara dingin. itu yg membuat sy selalu membawa minyak kayu putih kemana- mana utamanya jk perjln ke luar negeri.

  7. Roni Nugraha | 11 Mei 2020 pada 4:04 am | Balas

    Dosis, atau aturan pakainya bagaimana? Diminum, dihirup, atau digunakan di permukaan tubuh tertentu?

  8. Lili hernawati | 11 Mei 2020 pada 5:14 am | Balas

    Subhanallah walhamdulillah bpk idrus paturusi sdh pulih. Smg sehat sll. Sy jg sering menggunakan minyak kayu putih jika terasa sesak nafas,pusing dan mual. Smg minyak kayu putih jg dpt membunuh Covid 19. Slmt atas penelitiannya.
    Salam sehat semua.

  9. Luar biasa…kalau yang memberi informasi sebagai sebuah pengalaman adalah prof. IDRUS maka ini sungguh menjadi informasi yang sangat berharga.. .thanks prof.

  10. H. Baharuddin K | 11 Mei 2020 pada 9:32 am | Balas

    Dirumah tdk pernah tdk ada minyak kayuputih, karena merupakan tindakan pertama bila ada anak-anak saya mengeluh panas, sesak atau sakit perut.
    Bagaimana dosis dan aturan pakainya.

  11. Tabe pa prof cara pakai minyak kayu putih dan berapa kali dilakukan iye tkasi prof wassalam

  12. Zakiah tamherjaan | 11 Mei 2020 pada 10:25 am | Balas

    Minyak kayu putih adalah minyak kesehatan bagiku dari kecil brsama keluarga orang tua kakek nenek paling lebih senang mnggunakan minyak kayu putih mulai dari aroma bau minyak kayu putih smp kadang bkn hanya di gosok tp di campur dgn segelas air dan dikonsumsikn seperti minum obat

  13. Insyaallah saya langsung coba minyak kayu putih di seluruh badan saya walaupun negativ covid 19. Semoga menjadi berkah di bulan ramadhan. Amin

  14. Retty Salmah . | 11 Mei 2020 pada 11:49 am | Balas

    Sangat benar , Saya selalu menggunakan Minyak Kayu Putih sebagai anti Inflamasi .

  15. Alhamdulillah setiap hari saya pake minyak kayu putih sehabis mandi

  16. Semuel Selanno | 11 Mei 2020 pada 3:01 pm | Balas

    Benar.benerapa tahun lalu waktu beli dompet dan ikat punggang kulit. Di ajari untuk gosok minyak kayu putih pada dompet jamuran..ehh langsung pergi jamur selamanya.. pemberian mungkin bisa di teteskan pada air dan di hirup ya seperti kerjannya ventilator..mungkin saja virus corona dapt dibersihkan dari paru paru..

  17. Bagra syawal | 11 Mei 2020 pada 3:21 pm | Balas

    saya prof kalau bersin2 minum minyak kayu putih spontan berhenti dan sdh lama saya amalkan.Alhamdulillah

  18. Abidin Sagoni | 11 Mei 2020 pada 4:32 pm | Balas

    Dari dulu minyak kayu Putin dikenal obat multi guna yg selalu disiapkan ibu kita

  19. Masyaa Allah, begitu besar manfaat kayu putih, sy merasa bersalah krn dy sering mentertwakan suami yg rutin pake kayu putih, sy bilang kaya bayi aja,

  20. Teknik penyembuhan Pilek dengan Minyak Kayu Putih,, ORANG AMBON sering pakai istilah BAUAP..

    Yang harus dilalukan adalah dengan merebus AIR kurang lebih 1 Panci,, kemudian ketika Airnya sudah mendidih,, air nya di masukan ke dalam ember lalu di campur dengan 4-7 tetes Minyak Kayu Putih…

    Lalu kalian bisa mempraktekannya dengan cara :
    Merapkan Kepala kalian kemulut ember,, Kemudian tutupi kepala kalian dengan menggunakan Sarung atau kain yang lebar sehingga kepala dan mulut ember pun ikut tertutup…

    Kalian,, disarankan Menghirup uap Panas dari Air dan uap dari Minyak Kayu putih tersebut…

    Lakukan Teknik ini 10-15 menit.. semoga bermanfaat…

  21. Survey membuktikan, sy pasen asma sejak kecil, mkp dgn air panas 1 baskom diuapkan bs utk melegakan jln.nafas.
    Mkp dgm 1 gelas air panas bisa pulihkan sakit dalam perut.Tuhan berkenan. Amin

  22. Ratna kusuma | 12 Mei 2020 pada 9:10 pm | Balas

    Selain diketahui sebagai antibakteri, anti-inflamasi dan anti virus,khas aroma yg dimiliki minyak kayu putih menjadi terapi yang terbukti memberi ketenangan, ketenangan menimbulkan rasa happy, dan happy merupakan salah satu penangkal covid.

  23. Kiranya Tuhan berkenaan dgn minyak kayu putih sbg antivirus… Minyak ini dapat digunakan sbg obat dalam dgn cara meneteskan bbrp tts pd gula pasir 1 sdt kemudian ditelan dan dilanjutkan dgn minum air anget agak panas… Semoga bermanfaat atas izin Allah yg Maha Kuasa.

  24. Gerry gaspersz | 16 Mei 2020 pada 3:24 pm | Balas

    Hello semua saya penjual minyak kayu putih asli dari maluku , klu minat chat saya lewat wa 082399165831

  25. Semoga hasil riset ini bisa segera dipublikasikan di jurnal internasional, supaya sebagai karya anak bangsa kemanfaatannya dan pengakuannya bisa lebih luas menjangkau seluruh dunia. Aamiin.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*