Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Gubernur Instruksikan DPK Berkantor di Perpusda

SESUAI TARGET : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie meninjau proyek pembangunan gedung Perpusda Kaltara, Jumat (10/4/2020) lalu.

TANJUNG SELOR – Dengan tetap fokus dan serius melakukan pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, kegiatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) harus tetap berjalan. Demikian dikatakan Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat meninjau sejumlah proyek infrastruktur di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat (10/4) lalu.

Gubernur yang didampingi oleh Sekprov H Suriansyah dan sejumlah kepala organisasi perangkat daeah (OPD) terkait meninjau progress pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda), Gedung Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) dan Pembangunan Gedung Inspektorat.

“Kunjungan ini untuk memastikan progress pembangunan tetap berjalan. Dan perlu diketahui oleh semua, kita melakukan kunjungan ini, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” kata Irianto di sela-sela kunjungannya.

Gubernur mengungkapkan, Gedung Perpusda Kaltara, saat ini pengerjaannya sudah rampung. Tinggal dilakukan beberapa finishing agar penggunaannya maksimal. Gedung berlantai tiga yang letaknya tak jauh dari kawasan pendidikan dan pelatihan terpadu itu, dibangun sejak 2019 dengan kucuran dana sebesar Rp 16 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Rencananya gedung yang sudah rampung mau diresmikan pada bulan ini. Akan tetapi karena ada wabah covid-19, kita tunda terlebih dahulu. Dan Kita harapkan gedung ini menjadi salah satu tempat yang representatif, di Kaltara,” jelasnya.

Gubernur juga menginstruksikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara untuk segera berkantor di Perpusda. Di mana saat ini DPK Kaltara merupakan salah satu OPD yang belum memiliki kantor permanen.  “Selain perpustakaan, DPK Kaltara juga harus segera berkantor di sana, agar fungsi gedung lima lantai ini dapat maksimal,” kata Gubernur.

Tidak hanya itu, Gubernur juga meminta kepada DPK Kaltara agar Perpusda tidak hanya menyajikan buku bacaan yang berkualitas. Tetapi juga agar berperan aktif, serta berinovasi menjadikan gedung yang beralamatkan di Jalan Rajawali itu sebagai wadah untuk berekreasi warga Kaltara.

Sementara itu, Kepala DPK Kaltara, Hermawan mengungkapkan, setelah fisik terbangun, rencananya akan diusulkan pula penyediaan fasilitas penunjang fungsi gedung tersebut. “Fasilitas yang nanti disediakan, diharapkan dapat lebih memaksimalkan peranan Perpusda dalam meningkatkan kegemaran membaca warga Kaltara,” tuturnya. (humas)

Be the first to comment on "Gubernur Instruksikan DPK Berkantor di Perpusda"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*