Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Buka Rakortek, Gubernur Minta Satpol PP dan Sat Linmas Turut Amankan Pilkada

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie meminta, kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Pengendalian Masyarakat (Sat Linmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk turut mengawal jalannya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini.

Demikian disampaikan Irianto saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Satpol PP,  Satlinmas dan Damkar se-Kaltara di Gedung Bandiklat Kabupaten Bulungan, Selasa (17/3). “Rakor ini penting, untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan para anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar yang ada di Kaltara. Untuk itu, saya berharap semua peserta mengikuti dengan seksama,” kata Gubernur.

Pertama yang harus dipahami, kata Gubernur, adalah apa itu tugas pokok, kewenangan dan fungsi Satpol PP itu sendiri. “Semua harus paham, agar dalam menjalankan tugas tidak menyalahi aturan,” ungkapnya. Kedua, lanjut Irianto, Satpol PP, Satlinmas dan juga Damkar penting untuk memahami dasar hukum, baik dasar hukum Lembaga maupun kewenangan masing-masing.

Pesan ketiga yang menjadi penekanan Gebernur, adalah terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Satpol PP maupun Satlinmas dan juga Damkar, kata Irianto, sangat berperan dalam pelaksanaan Pilkada nanti. “Untuk itu, saya minta jajaran Satpol PP dan Sat Linmas harus siap membantu menjaga jangan sampai ada yang mengganggu Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) selama Pilkada,” ujarnya.

Dinamika politik, menurut Irianto adalah hal biasa. Namun yang perlu dijaga adalah tindakan-tindakan yang bisa mengganggu keamanan, ketertiban bahkan bisa menimbulkan perpecahan. Salah satunya lewat teknologi informasi. “Ini menjadi salah satu tugas Satpol PP, yang harus turut menjaga. Jangan malah ikut terpancing. Kita harus sama-sama menjaga pelaksanaan Pilkada di Kaltara bisa berjalan, aman dan damai. Serta menghasilkan pemimpin yang baik, amanah, yang bisa membawa Kaltara semakin maju dan terdepan,” imbuh Gubernur.

MALAM RAMAH TAMAH

Sebelumnya, Senin (16/3) malam digelar menghadiri malam ramah tamah bersama jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran (Damkar) se-Kaltara di ruang pertemuan Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara.

Acara ini, merupakan rangkaian dari peringatan HUT Satpol PP ke-70, Damkar ke-101 dan Satlinmas yang ke 58. “Saya juga atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara mengucapkan selamat atas peringatan HUT ke-101 Damkar, ke-70 Satpol PP dan ke-58 Satlinmas,” ujar Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie yang hadir ada acara tersebut.

Ketiga satuan ini, menurut Gubernur sudah melaksanakan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dengan cukup baik. Dirinya berharap ke depan kinerja tersebut dapat terus ditingkat sehingga menjadi lebih profesional, kompeten dan berintegritas lagi.

“Di momen ini, saya mengajak seluruh komponen Damkar, Satpol PP juga Satlinmas termasuk seluruh komponen bangsa untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa dalam keberagaman demi mewujudkan ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju,” kata Irianto.

Lebih dari itu, diharapkan pula seluruh jajaran Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk senantiasa meningkatkan rasa solidaritas dan persaudaraan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing.

“Personel Damkar, Satpol PP dan Satlinmas juga harus mampu meningkatkan profesionalisme serta kapasitas aparaturnya, sembari menciptakan sinergitas antara pemerintah dan pemerintah daerah guna tercapainya tujuan penyelenggaraan pemerintahan,” imbuhnya. (humas)

Be the first to comment on "Buka Rakortek, Gubernur Minta Satpol PP dan Sat Linmas Turut Amankan Pilkada"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*