Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pilkada Kota Balikpapan, Lembaga Survey MDI : Rahmad Masud Unggul, AHB Mengejar

Direktur Riset dan Consulting MDI

Navigasinews.com – Pilkada Kota Balikpapan 2020, Sebuah Lembaga Survey Master Data Indonesia (MDI) merilis hasil survey kandidat Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota kota Balikpapan periode 2020-2025.

Hasilnya Rahmad Masud sebagai petahana/incumbent masih unggul jauh di banding dengan penantang yang lain yang akan ikut berkontestasi dalam pemilukada kota Balikpapan, diantaranya Ahmad Basir (bendahara partai NasDem kota Balikpapan), Heru Bambang (mantan wakil walikota Balikpapan), Irjen Pol Safaruddin ( PDI Perjuangan), Yasser Arafat (Pemuda Pancasila) & Abdulloh (ketua DPRD).

Pengambilan data survei yang dirilis Master Data Indonesia (MDI) ini dilaksanakan 9-18 Februari 2020 melalui wawancara tatap muka dengan kuisioner terstruktur 600 responden dewasa dan terdaftar sebagai pemilih tetap, sampel di pilih menggunakan metode multistage random sampling di 6 kecamatan, 34 kelurahan yang ada di kota Balikpapan dengan Margin of Error Survei ini plus minus 4% pada tingkat kepercayaan 95%, Berikut hasil Elektabilitas calon Walikota/Wakil Walikota Kota Balikpapan dengan pertanyaan “Menurut bapak/ibu saudara(i) jika hari ini dilaksanankan pemilihan walikota/wakil Walikota  Balikpapan periode 2020-2025 siapa yang akan bapak/ibu saudara(i) pilih sebagai Walikota/Wakil Walikota Kota Balikpapan.

Berikut urutan hasil survey dengan persentase dari beberapa nama bakal calon walikota & wakil walikota Balikpapan :

  1. Rahmad Masud = 37,2 %
  2. Ahmad Basir      = 16,8 %
  3. Heru Bambang  = 10,1 %
  4. Irjen Pol Safaruddin  9,4 %
  5. Abdullah  = 2,9 %
  6. Yaaser Arafat =2,5 %
  7. Syukri Wahid = 1,8 %
  8. Thohari Aziz  =1,3 %
  9. Syaid MN Fadli =1,1 %
  10. YP Arita Rizal = 0,7 %
  11. Sabaruddin Panrecelle  =0,5 %
  12. Sonhaji = 0,5 %
  13. Belum menentukan pilihan 15,2%

Berdasarkan hasil Survei simulasi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Balikpapan pasangan nama Rahmad Masud dan Ahmad Basir lebih diunggulkan di banding pasangan calon yang lain jikalau pilkada di lakukan hari ini. Namun semua perubahan kemungkinan bisa terjadi melihat dinamika politik yang ada di kota Balikpapan, di karenakan beberapa partai politik belum mengeluarkan rekomendasi dalam menentukan pilihannya.

AHMAD BASIR (Bakal Calon Walikota Balikpapan 2020)

Ini menandakan ada kerja-kerja team dari bawah sehingga keterbukaan akses informasi dan penerimaan terhadap Ahmad Basir begitu besar. Ahmad basir menjadi penantang terbesar dan paling dekat untuk Incumbent Rahmad Masud saat ini.  

Menurut Eko Syamsuharlin selaku Direktur Riset MDI saat konfrensi pers di Yellow Duck Cafe, Kota Balikpapan mengatakan bahwa Rahmad Masud dan Ahmad Basir adalah dua figur yang sangat berpengaruh dan berpeluang menang.

Apalagi ketika kedua tokoh ini bisa berpasangan di Pilkada Kota Balikpapan maka ini akan menjadi kekuatan besar dan soal siapa yang menjadi 01 atau 02 itu terserah dari masing-masing calonnya.

Be the first to comment on "Pilkada Kota Balikpapan, Lembaga Survey MDI : Rahmad Masud Unggul, AHB Mengejar"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*