Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Peran Pemuda Mengawal Pilkada 2020

TARAKAN, navigasinews.com – Sekretaris Umum Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kalimantan Utara, Ferdi Ariadi mengatakan, pemuda memiliki peran sentral dalam mengawal pemilu. Hal itu diungkapkan pada kegiatan dialog akhir Tahun sekaligus memperingati HUT ke-10 Gerakan Pemuda Nusantara, Minggu (29/12/2019) siang di Kedai Bean Laden.

Kegiatan dialog juga dihadiri oleh Komisioner KPU Kaltara, Hariadi Hamid dan Dewan Pengarah GPN Kaltara Hamid Amren dan Ketua umum GPN Kaltara Rahmat Nur sebagai narahubung.

“Memang peran pemuda dalam mengawal pemilu selalu ada rintangannya. Tapi tentunya sebagai pemuda, semangat untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat itu harus tetap kita jaga,” ungkap Sekretaris Umum GPN Kaltara, Ferdi Ariadi.

DISKUSI akhir tahun yang berlangsung di kedai Bean Laden

Berkaca dari Pemilu 2019, gempuran informasi hoax di media sosial yang menjurus kepada politik identitas juga patut menjadi atensi bagi para kaum muda.

“Kualitas pemuda dalam konteks menangkal informasi hoax, adalah bagaimana dia dapat mengendalikan diri untuk lebih bijak dalam menyaring setiap informasi. Jangan biarkan diri kita mudah terhasut,” ujar Ferdi Ariadi.

Rahmat Nur juga menambahkan, dalam setiap pesta demokrasi 5 Tahunan idealnya harus cerdas dalam menyikapi manuver-manver politisi dan pemuda harus mampu menempatkan diri untuk mengambil peranan.

“Pemuda bisa mengabil peranan didalam sistem pemilihan dengan masuk menjadi penyelenggara pemilihan maupun diluar sistem dengan aktif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan menolak segala bentuk aktivitas yang dapat mencederai tahapan pemilihan mulai dari menolak money politik, Ujaran kebencian, informasi hoaks maupun isu SARA,” imbuh ketua umum GPN. (fir)

Be the first to comment on "Peran Pemuda Mengawal Pilkada 2020"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*