Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Usai Di Lantik, DPRD Kabupaten Tana Tidung Tancap Gas

TANA TIDUNG, navigasinews.com – Pekerjaan rumah menanti anggota DPRD Kabupaten Tana Tidung (KTT) periode 2019-2024 yang baru saja dilantik pada Selasa (20/8/2019) lalu. Karena itu 20 anggota DPRD harus segera merampungkan beberapa rancangan peraturan daerah (raperda) yang belum selesai di periode sebelumnya.

Selain itu anggota DPRD juga memiliki tugas berat dalam menyelesaikan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Tahun 2020. Dimana deadline pembahasan APND murni harus diselesaikan pada bulan September.

“Pembahasan APBD murni ini penting, karena kalau ada keterlambatan, ya ada sanksi, kita pakai APBD tahun sebelumnya,” kata anggota DPRD KTT, Heri Rizal.

Lanjut Heri Rizal, koordinasi antar Pemkab melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sangat penting, terutama dalam pembahasan draf Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS).

Raperda prioritas lainnya yang harus segera disahkan adalah mengenai pemilihan kepala desa. Raperda tersebut adalah salah satu inisiatif DPRD KTT pada periode sebelumnya.

“Ada 3 desa pemekaran dan 2 desa yang kepala desanya di-nonaktifkan, sehingga ke 5 desa tersebut belum mempunyai kepala desa definitif. Naskah akademik dari pihak ke tiga sudah selesai. Tinggal kita bahas dan disetujui,” imbuh Heri Rizal.

Saat ini hampir semua kepala desa sudah mendekati masa akhir jabatan pada Tahun 2021 mendatang. “Artinya perda ini harus ada sebagai payung hukum pemilihan kepala desa,” jelas Heri Rizal.

Disamping raperda inisiatif tentang pemilihan kepala desa, Heri Rizal juga membeberkan tentang pembahasan raperda pendidikan yang belum tuntas, yaitu tentang sekolah unggulan.

Pemkab Tana Tidung sudah melakukan peresmian terhadap beberapa sekolah unggulan.

“Tapi kita masih terkendala regulasi, karena untuk SMA itu kewenangan pengelolaannya ada di Provinsi. Tapi kita akan bersineegi, karena sayang SD terpadu sudah ada dengan sistim boarding school, SMP-nya ada, SMA-nya belum bisa,” ucap Heri Rizal. (fir)

Be the first to comment on "Usai Di Lantik, DPRD Kabupaten Tana Tidung Tancap Gas"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*