Kader Muda Demokrat Dukung FPD Terkait Perppu Ormas

Navigasinews.com – Mencermati dinamika yang berkembang pasca sidang paripurna DPR tentang pengambilan keputusan Perppu Ormas, maka dipandang perlu untuk memberikan penjelasan utamanya berkaitan dengan sikap dan pandangan yang dijalankan Fraksi Partai Demokrat.

Penjelasan ini penting dan diperlukan agar masyarakat memahami secara utuh ikhtiar perjuangan yang tengah ditempuh partai demokrat berkaitan dengan Perppu dan UU Ormas. Kita pahami bersama bahwa penolakan atas Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan didasari adanya pengkebirian terhadap UU Ormas nomor 17 tahun 2013.

Kamhar Lakumani (Kader Muda Demokrat)

Kader Muda Demokrat (KMD) menilai Perppu dilandasi semangat serta untuk mempertontonkan arogansi kekuasaan (machstaat) karenanya dengan tegas ditolak. Namun jika menerima revisi terbatas untuk kembali pada prinsip-prinsip mengedepankan hukum sebagaimana mestinya negara hukum (rechstaat) yang terkandung dalam UU Ormas terdahulu yang disahkan dimasa pemerintahan SBY, kami memandang justru itulah arah perjuangan yang hendak kita tempuh manakala dulu Partai Demokrat mempertanyakan dan menolak Perppu.

Karenanya kami mengapresiasi hasil perjuangan FPD di DPR RI untuk mendorong revisi terbatas. Kita tak ingin mempertontonkan berpolitik yg sekedar asal berbeda dengan pemerintah. Politik yang kita jalankan adalah politik yang mencerdaskan dan solutif sebagai bakti untuk negeri, sekaligus sebagai penegasan dan pengamalan fatsun politik Partai Demokrat sebagai partai penyeimbang.

Mengoreksi dan menawarkan solusi jika pemerintah dipandang melenceng dan mendukung pemerintah jika dipandang berada pada jalur yang tepat dalam menjalankan pemerintahan serta kebijakannya berpihak kepada rakyat bangsa sendiri.

Bagi kami politik bukanlah alat merekayasa atau memanipulasi persepsi publik. Politik memiliki nilai yang mulia sebagai alat pencerdasan dan perjuangan kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Setelah Perppu diterima dan diundangkan selanjutnya kita tunggu komitmen pelaksanaan revisi terbatas UU Ormas pada masa sidang mendatang. Kami percaya Pemerintah melalui Mendagri akan komit atas gentlement agreement yang disampaikan pada Sidang Paripurna terkait revisi terbatas UU Ormas dan kami mengapresiasi pula Fraksi Partai Demokrat yang telah menyiapkan Naskah Akademik revisi terbatas UU Ormas.

Adapun substansi revisi terbatas yang diusulkan Fraksi Partai Demokrat sebagai berikut :
1. Pengaturan pengembalian proses hukum pengadilan sebelum pembubaran Ormas.

2. Pengaturan penyederhanaan proses tindakan thd ormas yang nyata” diduga bertentangan dengan Pancasila dengan tetap memedomani due process of law.

3. Pengaturan pemidanaan terhadap anggota ormas yang dibubarkan karena diduga melanggar larangan ormas atau bertentangan dengan Pancasila, tidak bisa digeneralisasi karena berpotensi terjadi kriminalisasi. Pemidanaan terhadap anggota harus berpedoman kepada KUHP dan KUHAP.

Kamhar Lakumani

Wakil Ketua Umum KMD
Ketua DPP KNPI

Be the first to comment on "Kader Muda Demokrat Dukung FPD Terkait Perppu Ormas"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*