Eka Sastra Hadir Mengisi Materi Di Intermediate Training HMI Cabang Makassar Timur

Navigasinews.com – Anggota DPR RI dari Partai Golkar Eka Sastra menyempatkan mengisi materi di Intermediate Training HMI Cabang Makassar Timur. Rahmansyah selaku SC mengungkapkan bahwa sesuai dengan judul materi yang telah ditetapkan, Eka Sastra memberikan Materi tentang “Sejarah Kesenjangan Ekonomi”.

Dari rahmansyah, ada begitu banyak yang disampaikan Eka sastra.
Ketimpangan ekonomi terjadi karena pertumbuhan dan surplus ekonomi yang hanya dinikmati oleh segelintir orang yang menguasai sumber daya ekonomi.

Penguasaan atau terpusatnya sumber daya ekonomi pada segelintir orang tidak terlepas dari adanya relasi antara segelintir orang yang menguasai sumber daya ekonomi tersebut dengan kekuasaan pemerintahan sebagai pengambil kebijakan, atau lebih dikenal dengan istilah oligarki.

Negara/Pemerintah dalam hal ini sebagai regulator yang harusnya berpihak pada kepentingan masyarakat justru malah lebih berpihak pada kepentingan segelintir orang/kelompok masyarakat menengah keatas, hal ini membuat posisi negara lemah dihadapan pemilik modal besar sehingga yang kaya makin kaya dan miskin menjadi makin miskin.

Salah satu hal yang bisa dilihat misalnya pada komoditas pangan, dimana tidak adanya nilai tawar yang dimiliki petani atau nelayan dalam menentukan harga produknya.

Peserta Intermediate Training Memberikan Cinderamata Kepada Pemateri Eka Sastra (Anggota DPR RI)

Untuk menuntaskan persoalan ketimpangan tersebut maka diperlukan pendekatan ekonomi politik yang terdiri atas pendekatan ekonomi kelembagaan (institutional economic) dan analisis structural/critical political economy.

Ekonomi kelembagaan fokusnya lebih pada pembenahan atau penataan institusi yang lebih berpihak kepada masyarakat menengah ke bawah, sedangkan analisis critical political economy fokusnya lebih menekankan pada relasi kepentingan yang terjadi antara pemerintah dan segelintir orang yang menguasai sumber daya ekonomi tersebut.

Pemateri eka sastra yang juga anggota komisi VI DPR RI ini berharap agar lepasan LK 2 kali ini memiliki kemampuan untuk menganalisis realitas ketimpangan yang terjadi di masyarakat agar dapat melakukan kritik terhadap kebijakan pemerintah sekaligus dapat memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan ketimpangan yang terjadi.

Dan saat ini Intermediate HMI Cabang Makassar Timur masih terus berlanjut hingga 21 Oktober 2017 di Asrama Haji Sudiang dan sesuai rencana akan di tutup oleh Kapolri Tito Karnavian dan semoga saja Pak Kapolri tidak berbenturan dengan waktunya yang sangat padat. Ujar Abdul Muis Amiruddin selaku Ketua Umum HMI Cabang Makassar Timur kepada Navigasinews.

Be the first to comment on "Eka Sastra Hadir Mengisi Materi Di Intermediate Training HMI Cabang Makassar Timur"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*