Menghadapi Musim Penghujan, Petani Di Kabupaten Mamuju Punya Cara Mengatasinya

Navigasinews.com – Oryza sativa bahasa ilmiah dari Tanaman padi. Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban Manusia, Padi merupakan Makanan pokok masyarakat indonesia, nah padi juga merupakan tanaman budidaya.

Sebagian besar Petani padi yang ada di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Memanfaatkan Peluang di musim hujan ini dengan cara mulai bersiap-siap menanam padi dan adapun masyarakat yang sedang mulai menanam. Hal ini menyikapi mulai turunnya hujan dalam waktu beberapa hari terakhir, maka dari itu waktu harus di manajemen dengan baik agar musim hujan sekarang ini bisa betu-betul di efisienkan sehingga musim panen pun sesuai dengan target yang telah di rumuskan (prediksi).

Musim penghujan telah tiba membuat para petani berdesak-desakan kembali turun ke sawah yang berlumpur guna hanya untuk menanam bibit padi. Seperti itulah yang di lakukan sebahagian besar masyarakat yang ada di desa kalukku dalam merespon positif musim hujan ini.

Nampak terlihat jelas gambaran-gambaran yang indah tanaman padi yang tersusun rapi, berbaris dengan ukurannya yang mungil tertatah dengan sangat baik, tanaman tersebut nampak terlihat sangat indah saat melintasi jalan poros.

Kepala Dinas Tanaman Pangan & Holtikultura Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar

Tanaman padi yang ada di kalukku merupakan tanaman kebanggaan pemerintah Kabupaten Mamuju dengan alasan tanaman padi salah satu produk unggulan Pemkab. Apalagi Padi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat yang ada di kabupaten mamuju, Kalau Se-Provinsi Sulawasi Barat penghasil padi yang terunggul berada di Kab Polman. Sedangkan di lingkup Kab mamuju penghasil padi terbesar berada di Kec Kalukku.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan mengatakan di Kabupaten Mamuju ini sangat beragam tanaman budidaya yang di kembangkan oleh masyarakat. Tidak hanya satu tanaman saja, namun ada tanaman yang di prioritaskan sebagai Tanaman Unggulan yaitu Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai) betul-betul di genjot terus sehingga bisa bersaing dengan Kabupaten yang ada di Sulawesi Barat. “Ujarnya kepada Navigasinews.

Be the first to comment on "Menghadapi Musim Penghujan, Petani Di Kabupaten Mamuju Punya Cara Mengatasinya"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*