Badan Koordinasi HMI Jawa Barat : Tak Patuh Sebagai ASN, Sekda Provinsi Jabar Wajib Di Copot

Navigasinews.com – Badan Koordinasi HMI Jawa Barat bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) menyoroti fenomena Aparatur Sipil Negara (ASN) terlibat dalam persoalan politik terutama keterlibatan Iwa Karniwa selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat dalam proses menuju Pilgub 2018.

Sekda jabar yang notabene telah mendaftar kepada partai PDIP sebagai bakal cagub ini sudah melanggar aturan UU No. 5 tahun 2014 pasal 12 tentang peranan ASN yang bebas dari intervensi politik.

Iwa Karniwa, Sekda Provinsi Jawa Barat

Terlebih lagi dijelaskan dalam UU. No. 5 tahun 2014 pada pasal 9 ayat 2 tentang ASN dan PP no. 11 tahun 2017 pasal 1 angka 1 tentang manajemen PNS.

Menurut Ilham Fauzie Wakil Sekretaris Umum Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) BADKO HMI Jawa Barat menyebutkan bahwasannya Iwa Karniwa selaku Sekda Jawa Barat sudah sepatutnya untuk mundur dari jabatannya karena telah melanggar aturan perundang-undangan serta etika sebagai pejabat eselon ASN tertinggi di tingkat Provinsi.

“Pak iwa ini apabila dia sadar akan manuver-manuver politiknya di proses menjelang pilgub jabar maka sudah sepatutnya untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai sekda jabar, karena telah jelas-jelas terjadi pelanggaran terhadap undang-undang ASN no. 5 tahun 2014 dan PP No. 11 tahun 2017 tentang ASN dan manajemen PNS. “Tegasnya kepada navigasinews pada Minggu (30/9/17).

Lebih jauhnya menurut ilham fauzie, sekda jabar sudah terlibat jauh seperti penyebaran persepsi politik dengan melakukan kampanye ke daerah melalui baligo maupun kegiatan-kegiatan yang memakai simbol PNS nya dalam proses menuju pilgub jabar 2018

“Sekda jabar ini saya melihat sudah tidak fokus dalam keberlangsungan kepemerintahan di Provinsi Jawa Barat lewat aktivitas-aktivitas politik praktisnya ke daerah-daerah seperti penyebaran baligo dan kegiatan-kegiatan lain dengan memakai identitas PNS nya , ini sudah menunjukan bahwa sekda sudah tidak dalam posisi netral sebagai ASN tertinggi di Provinsi apalagi dia sudah mendaftarkan diri ke partai PDIP untuk jadi calon gubernur” tandasnya

Terakhir Ilham pun mendorong dan berharap Menteri dalam Negeri (Mendagri) Bapak Tjahjo Kumolo sudah seharusnya mempercepat untuk mencopot jabatan Iwa Karniwa dari jabatannya Sebagai Sekda Provinsi Jawa Barat karena telah jelas-jelas melanggar aturan perundang-undangan yang ada.

“Harapan saya bapak Tjahjo Kumolo sebagai Mendagri sudah sepatutnya untuk segera mencopot Iwa Karniwa dari jabatan Sekda Provinsi Jawa barat karena jelas-jelas telah melanggar aturan perundang-undangan ASN” Pungkas ilham di sela-sela aktivitasnya sebagai mahasiswa pasca sarjana S2 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Be the first to comment on "Badan Koordinasi HMI Jawa Barat : Tak Patuh Sebagai ASN, Sekda Provinsi Jabar Wajib Di Copot"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*