Petani Jagung Di Kabupaten Mamuju Beralih Menanam Kacang Hijau

Navigasinews.com – Petani Jagung di Kabupaten Mamuju Kec Kalukku memanfaatkan lahannya untuk ditanami tanaman jangka pendek yaitu kacang hijau, selama musim kemarau agar tetap produktif.

Mama Apri begitu dia di panggil yaitu Seorang petani di Desa Tasiu, Kecamatan Kalukku kepada wartawan mengatakan, pada musim kemarau seperti saat sekarang, petani tidak punya pilihan lain, selain memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman pengganti yang dapat hidup di tanah kering bebatuan.

“Di daerah kita ini sedang memasuki masa kekeringan, namun kebetulan saya sudah memanen jagung di minggu kemarin,maka dari itu saya manfaatkan kondisi ini sebagai kegiatan sampingan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya berinisiatif menanam kacang hijau sambil menunggu masa turun musim penghujan sehingga dapat kembali menanam jagung.

Bahkan sebutnya, untuk tahap awal sedang melakukan pembersihan areal lahan dengan cara Membabat Rumput, apabila rumput sudah kering sudah bisa di bakar atau di olah sebagai Pupuk Alami, sehingga dengan cara seperti itu dapat dengan mudah ditanami tanaman kacang hijau, dengan luas lahan sekitar kurang lebih setengah hektare.

“Saat ini saya sedang membersihkan lahan, dari sisa tanaman jagung dan rumput, sebagai persiapan untuk penanaman tanaman kacang hijau,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan air menyiram tanaman kacang hijau, ia mengatakan, diperlukan pada saat memasuki masa pembuahan.

“Akan tetapi apabila nantinya, tidak ada air pada saat tanaman mulai berbuah, saya akan mengantisipasinya dengan membuat sumur di areal tanaman, agar bisa dipergunakan sebagai kebutuhan air terhadap tanaman,” jelas petani itu.

Sementara itu, untuk proses perawatan tanaman,dilakukan pemupukan sebanyak dua kali. Pertama pada awal masa tanam sehingga Tanaman bisa subur, Memiliki Daun yang besar, Hijau & buah lebat. Bertujuan untuk mendapatkan Hasil panen yang berlimpah.

Be the first to comment on "Petani Jagung Di Kabupaten Mamuju Beralih Menanam Kacang Hijau"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*