Kabaintelkam Polri Telah Mendeteksi Kelompok Penyebar Ujaran Kebencian Di Internet

Navigasinews.com РKepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Lutfi Lubihanto mengatakan pihaknya telah mencium keberadaan beberapa kelompok pembuat dan penyebar ujaran kebencian seperti Saracen. Lutfi mengatakan polisi telah siaga menjelang Pilkada serentak tahun depan, karena momen itu dinilai bakal jadi ladang kelompok-kelompok penyebar kebencian.

Momentum seperti Pilkada itu paling pas untuk memakai jasa kelompok dalam menjatuhkan pesaing di Pilkada. Masyarakat harus jeli dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi atau kabar yang mengarah pada kebencian. Ujar Lutfi.

“Kami sudah mencium adanya kelompok mirip Saracen jelang Pilkada 2018. Saat ini kami awasi, jadi jika sewaktu-waktu beraksi, bisa langsung kami tindak”, kata Lutfi di acara Seminar Kebangsaan di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Diponegoro Semarang, kemarin (28/8/17).

Di bagian Reserse Kriminal ada Satuan Cyber, di Intelkam telah dibentuk Divisi Kemanan Khusus dan di Humas juga ada. Mereka memiliki tugas yang nyaris sama yaitu mengontrol arus internet yang memberikan informasi hoax. Ujar Lutfi.

Pendeteksian tersebut, kata Lutfi sangat terbantu dengan divisi khusus yang ada di Polri yang melakukan Patroli Internet untuk mencari informasi yang menyesatkan dan menebarkan kebencian terhadap seseorang ataupun sebuah kelompok.

 

Be the first to comment on "Kabaintelkam Polri Telah Mendeteksi Kelompok Penyebar Ujaran Kebencian Di Internet"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*