bnpt 1 photo bnpt 2_zpsit6thrqt.png

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo Membawa Semangat Persatuan

Navigasinews.com – Ada hal menarik & langka terjadi di Istana Merdeka dalam rangkaian upacara HUT ke-72 RI. Dimana saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) berfoto bersama para tokoh yang pernah menjadi Presiden RI, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri.

Di peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia (RI) yaitu hadirnya seluruh tokoh yang pernah menjabat presiden RI. Ada Presiden ke-6 RI SBY yang mengenakan baju adat Betawi warna hitam bersama Ibu Ani yang mengenakan kebaya merah. Ada pula Presiden ke-5 RI Megawati dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Mereka pun berkesempatan foto bersama.

“Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia,” tutur Jokowi sebelum upacara di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017).

Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kalimantan Selatan, sedangkan ibu negara Iriana yang juga ikut berfoto mengenakan baju adat Minangkabau. Wapres JK mengenakan pakaian adat bugis, sementara istrinya, Mufidah Kalla, mengenakan baju adat yang mirip dengan Iriana.

Foto : Biro Setpres/Agus Suparto

Pertemuan Sakral Megawati & SBY

Ada hal yang tampak mencolok dalam momentum di istana merdeka tadi yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai pertemuan ini sebagai hal yang sangat baik. Dia menilai pertemuan ini menunjukkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang membawa semangat persatuan.

Dia menambahkan, pertemuan ini menunjukkan tradisi positif Indonesia yang kental dengan semangat persatuan. Menurutnya, persatuan yang hadir karena Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara.

SBY & Megawati Saling Bersalaman Di Istana Merdeka

“Ini merupakan tradisi yang baik di mana Indonesia dibangun dengan semangat persatuan. Indonesia didirikan untuk semua dan mengatasi paham golongan, paham pribadi-pribadi, maupun suku agama dan kita bersatu dalam Pancasila,” ujarnya.

Kali ini merupakan momentum ketika kita seluruh bangsa Indonesia mensyukuri karunia kemerdekaan yang diperoleh dengan perjuangan dengan tetesan pengorbanan.”tuturnya.

Eh, Sudah Baca Ini Belum?

Salam Pancasila Ala Soekarno Navigasinews.com - Megawati Soekarnoputri mempopulerkan Salam Pancasila di acara Peluncuran Program ...
Sajak Untuk Republik : Jusuf Kalla Apresiasi Malam Puisi Suropati Syndicate Navigasinews.com - Malam puisi bertajuk Sajak untuk Republik dihadiri oleh Wakil presiden Jusuf Kall...
Pasca Bom Kampung Melayu, Jusuf Kalla Ajak Para Khatib Tanamkan Perdamaian Navigasinews.com - Wakil Presiden usuf Kalla (JK) angkat bicara terkait ledakan bom di terminal Kamp...
Direktur INFIT: Yang Fitnah Pak JK Itu Gerombolan-gerombolan Panik Navigasinews.com - Ramainya gelombang fitnah dan tuduhan-tuduhan yang dialamatkan kepada Wakil Presi...
Adian dan Silfester Hina JK, Warga Sulsel Konsolidasi Di Jakarta Navigasinews.com - Tudingan profokatif dan fitnah terhadap wakil presiden Jusuf Kalla oleh politisi ...