bnpt 1 photo bnpt 2_zpsit6thrqt.png

Salam Pancasila Ala Soekarno

Ilustrasi Gambar (dok/ist)

Navigasinews.com – Megawati Soekarnoputri mempopulerkan Salam Pancasila di acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila di Istana Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pamantapan Ideologi Pancasila itu mengatakan Salam Pancasila itu berasal dari Soekarno.

“Jadi Salam Pancasila yang sebenarnya begini,” kata Megawati sambil memperagakan posisi tangan yang disebutnya sebagai Salam Pancasila. Posisi telapak tangan terbuka dengan mengarah ke wajah.

“Tadi awalnya saya berpikir kita di ruangan. Tapi, karena di kebon juga tidak apa-apa,” kata Megawati diiringi derai tawa hadirin. Acara tersebut memang digelar di halaman belakang Istana Bogor yang menghadap Kebun Raya Bogor.

Megawati mengatakan Bung Karno berkeinginan agar setiap warga Indonesia bisa melakukan Salam Pancasila. “Beliau berkeinginan setiap warga secara fisik itu memberikan salam hormatnya dengan Salam Pancasila,” ujar Ketua Umum PDIP itu.

Terkait salam mana yang akan digunakan, megawati menyerahkan keputusan itu pada Presiden Jokowi. “Terserah, Presiden yang memutuskan. Sebetulnya ada dua salam, mau salam merdeka atau salam Pancasila, atau boleh dua-duanya,” ujar Megawati.

Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) mencontohkan salam Pancasila dengan dalam program pendidikan penguatan Pancasila di Istana Bogor, Jawa Barat, 12 Agustus 2017. ANTARA FOTO.

Presiden Jokowi Tidak Diktator

Megawati Soekarnoputri meminta orang tidak sembarangan menyebut Presiden Joko Widodo adalah diktator. Menurut Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, orang yang menuding Presiden jokowi diktator harus bisa membuktikannya.

“Kalau Jokowi dibilang diktator, orang yang ngomong itu sanggup enggak membuktikan kediktatorannya,” kata Megawati saat memberi sambutan dalam acara peluncuran program penguatan pendidikan Pancasila, di Istana Bogor, Sabtu, 12 Agustus 2017. “Ujarnya.

Eh, Sudah Baca Ini Belum?

Kader Muda Demokrat : Pertemuan SBY dan Jokowi Bukti Keseriusan Partai Demokrat ... Navigasinews.com - Selepas pertemuan SBY Presiden ke-6 RI dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pa...
Badko HMI Nusra Meminta Jokowi Mengambil Sikap Terhadap Tragedi Rohingnya & ... Navigasinews.com - Tragedi pembantaian etnik Muslim Rohingya di Rakhine Myanmar semakin menjadi-jadi...
Kepemimpinan Presiden Joko Widodo Membawa Semangat Persatuan Navigasinews.com - Ada hal menarik & langka terjadi di Istana Merdeka dalam rangkaian upacara HU...
Kapolri : Putra Asli Papua Di Lingkaran Presiden Jokowi Navigasinews.com - Kapolri Tito Karnavian menyampaikan, untuk pertama kali nya seorang putra asli Pa...
Relasi Indonesia Institute ; Najwa Shihab Juru Bicara Presiden Navigasinews.com - Genap 17 tahun berkarier di Metro TV, Najwa Shihab akhirnya memutuskan mundur dar...