Kapolri Diapresiasi Presiden Jokowi Bersama Kementan & Kemendag Soal Harga Stabilitas Pangan

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kapolri Tito Karnavian, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Ketua KPPU Syarkawi Rauf Saat memberi keterangan Pers

Navigasinews.com – Kepolisian turut membantu menjaga stabilitas harga bahan pangan pada Ramadan dan Lebaran 2017. Hal ini ditandai dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pangan oleh Polri.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi tercapainya stabilitas pada harga bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena kalau kita lihat, harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran tahun ini berada dalam posisi yang sangat baik, stabil,” ujar Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

“Jadi, Menteri Pertanian (Amran Sulaiman), Pak Kapolri (Jenderal Pol Tito Karnavian) dan Menteri Perdagangan ( Enggartiasto Lukita) yang telah bekerja keras untuk stabilitas harga kebutuhan pokok,” lanjut dia.

Jokowi minta stabilitas harga bahan pangan tersebut dipertahankan. Jangan hanya stabil pada bulan puasa 2017 saja, melainkan harus diciptakan sistem agar stabilitas harga pangan terus terjaga.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Satgas Pangan bekerja sama di antaranya dengan Kementerian Pertanian, Perindustrian, Perdagangan, Bulog, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha untuk menjaga stabilitas harga pangan.

“Alhamdulillah sampai hari ini stabilitas harga masih tetap terjaga,” kata Tito saat memberikan sambutan dalam Apel Operasi Ramadniya 2017 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin (19/6).

Menurut Tito, harga sembako relatif stabil. Selain itu, dia menambahkan, pasokannya juga relatif cukup. Meski begitu, hal yang perlu diwaspadai adalah soal distribusi.

“Hingga saat ini, Satgas Pangan menindak lebih dari 70 kasus distribusi. Ini memberikan efek deteren yang cukup besar kepada pelaku kartel,” tutur Tito.

Tito mengakui, ada beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan harga. Meski begitu, kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.

“Ini diperhatikan terus upaya untuk menekan,” ucap Tito.

Tito mengatakan, menjaga stabilitas harga bahan pangan menjadi perhatian dari Presiden Joko Widodo. Sebab, menurut dia, Jokowi tidak ingin terjadi kelonjakan harga bahan pangan pada saat Ramadan dan jelang Lebaran.

Be the first to comment on "Kapolri Diapresiasi Presiden Jokowi Bersama Kementan & Kemendag Soal Harga Stabilitas Pangan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*