bnpt 1 photo bnpt 2_zpsit6thrqt.png

Launching, Suropati Syndicate Undang Sudirman Said

Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said

Bagi sebagian kalangan orang terutama masyarakat di Jakarta, Taman Suropati umumnya lebih dikenal sebagai tempat pelesiran ataupun sekedar etalase makanan dan minuman.

Tapi untuk beberapa orang, Taman kota dapat diberdayakan sebagai ruang untuk mengusung gagasan. Upaya inilah yang sedang dijajaki oleh beberapa orang perintis dari Suropati Syndicate.

Sujahri selaku direktur SS (singkatan Suropati Syndicate) mengakui bahwa kelompoknya ini semula terinspirasi dari Speaker’s Corner di Hyde Park, kota London, Inggris.

Dalam catatan sejarah, Speaker’s Corner adalah salah satu sudut di Hyde Park, yang dijadikan serupa ruang beradu gagasan para pemikir-pemikir di dunia. Mulai dari nama besar seperti George Orwell hingga dengan Nabi kaum Sosialis yakni Karl Marx.

“Kami ingin memaksimalkan ruang publik untuk kemaslahatan. Dari situ kami berharap ada gagasan untuk bangsa dan negara ini,” sambungnya.

Suropaty Sindicate (SS) adalah sebuah lembaga kajian atau diskusi yang dibentuk di Jakarta, 24 Mei 2017.

Dalam rilisan persnya, lembaga ini merupakan refleksi dari sejumlah persoalan sosial dan politik yang terus-menerus hadir. Ari (sapaan Sujahri) mengakui hal tersebut. Dia menambahkan,

“Kami menyadari bahwa situasi demokrasi hari-hari ini masih sebatas pentas keriuhan dan kegaduhan. Oleh karena itu perlu adanya elemen-elemen untuk kembali menghidupkan cara-cara berdemokrasi yang produktif, menyenangkan dan menyegarkan.”

Untuk itu kelompok yang berisi anak-anak muda ini rencananya akan mengadakan sebuah diskusi publik yang dirangkaikan dengan launching Suropati Syndicate.

Peluncuran yang akan dilaksanakan di tengah-tengah Taman Suropati ini akan mediskusikan buku antologi tulisan mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, Berpihak Kepada Kewajaran.

“Kami mengenal Sudirman Said sebagai figur yang berani sekaligus bisa menjadi inspirasi untuk anak muda,” imbuh Ari.

Diskusi yang akan dilaksanakan pada Minggu petang tanggal 12 Juni 2017 ini akan menghadirkan pemantik diskusi kenamaan. Sebut saja Yusran Darmawan yang merupakan blogger dan penulis, Ichan Loulemba dan Chamad Hojin yang merupakan redaktur media Sindo; dan juga Ardiansyah Laitte seorang penulis muda dan peneliti ekonomi politik.

“Semoga dengan diskusi ini, kita dapat berpihak untuk mewajarkan Indonesia,” tutupnya.

Eh, Sudah Baca Ini Belum?

Suropati Syndicate : Kontroversi Pribumi, Kritik Boleh Tapi Bodoh Jangan Navigasinews.com - Teks pidato yang di bacakan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat malam pelan...
Peduli Rohingya : Pemuda Mamuju Aksi Penggalangan Dana Navigasinews.com - Aliansi yang tergabung dari berbagai Komunitas dan supporter bola yang pada umumn...
Aksi Kemanusiaan Oleh Pemuda Mamuju Peduli Rohingnya Navigasinews.com - Menindak lanjuti apa yang menjadi perhatian dunia saat ini yang tertuju pada aksi...
Suropati Syndicate Siap Mewarnai Indonesia Navigasinews.com - Suropati syndicate (SS) akhirnya resmi dilaunching ke khalayak public pada minggu...
Launching E-Journal, ISCOFET 2017 LTMI PB-HMI Dihadiri Sejumlah Tokoh Navigasinews.com - Lembaga Teknologi Mahasiswa Islam (LTMI) PB HMI konferensi dan festival tekhnolog...