Wakil Ketua Komisi VIII Usulkan Penghapusan Sidang Itsbat

Periodik bulan

Navigasinews.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menngusulkan penghapusan tradisi sidang itsbat sebagai penentuan 1 Ramadan dan 1 Syawal.

Sodik menjelaskan, sidang itsbat merupakan sebuah ikhtiar duniawi pemerintah Indonesia bersama ulama dan ormas Islam dalam menetapkan 1 Ramadan dan Syawal.

Menurutnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi seperti saat ini dapat menunjang penetapan kalender hijriyah termasuk penetapan 1 Ramadan dan 1 Syawal. Bahkan, dapat dibuat lebih akurat untuk dimanfaatkan puluhan tahun sebelumnya dalam sebuah Kalender Hijriyah Permanen seperti halnya kalender masehi permanen.

“Kemajuan iptek yang sudah mampu memprediksi dengan akurat penanggalan hari per hari untuk waktu puluhan tahun kedepan,” kata Sodik.

Sodik menuturkan, perbedaan pandangan penentuan jadwal puasa dan idul fitri melalui sidang itsbat menimbulkan kesan perbedaan pendapat di kalangan ulama dan pemimpin ummat saat menghadapi bulan suci Ramadan.

“Selain kesan perpecahan, perbedaaan penetapan oleh itsbat beberapa hari sebelum tiba bulan puasa, sering memperkuat dan mempertegas kebingungan di kalangan ummat awam atas perbedaan tersebut,” kata Sodik.

Sodik menuturkan proses sidang itsbat dari mulai kegiatan pengamatan di lapangan di beberapa titik jauh sebelun sidang itsbat, sampe kegiatan sidangnya, memerlukan biaya yang cukup besar.

“Lebih manfaat jika dana itu diserahkan kepada MUI dan ormas Islam untuk pembinaan ummat selama Ramadan,” kata Sodik.

Menurut Sodik, sebenarnya menteri agama dapat menetapkan tim dari kalangan ilmuwan dan ulama untuk menyusun Kalender Hijriah Permanen.

“Pada saat penegasan 1 Ramadan dan 1 Syawal versi pemerintah, Menteri agama menyampaikan pula hasil itsbat ormas ormas islam baik yang sama atau yang beda dengan pemerintah. Masyarakat dipersilakan untuk mengikuti itsbat sesuai keyakinnanya seperti selama ini sudah berjalan,” katanya.

Be the first to comment on "Wakil Ketua Komisi VIII Usulkan Penghapusan Sidang Itsbat"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*