bnpt 1 photo bnpt 2_zpsit6thrqt.png

Ditjen Pajak Bisa Intip Rekening, Sri Mulyani Siap Konsultasi Ke DPR

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Kabinet Kerja

Navigasinews.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan akan melakukan konsultasi dan pembicaraan dengan DPR terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomer 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan.

Seperti diketahui, melalui aturan itu, Direktorat Jenderal Pajak memiliki kewenangan mengintip rekening nasabah, termasuk anggota DPR sekalipun. Tujuannya tentu untuk kepentingan perpajakan.

“Kepentingan nasional itu akan sangat penting untuk kita jaga bersama,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (18/5/2017) malam.

Menurut Sri Mulyani, penerbitan Perppu Nomer 1 Tahun 2017 tidak semata-mata hanya untuk mengintip rekening namun juga untuk memenuhi ketentuan internasional.

Sejak 2014 lalu, pemerintah sudah berkomitmen untuk memenuhi ketentuan pertukaran otomatis informasi keuangan secara internasional atau Automatic Exchange of Information (AEoI).

Salah satu syarat untuk memenuhi aturan internasional itu yakni adanya aturan yang memberikan kewenangan kepada otoritas pajak mengakses data informasi perbankan.

Namun, pemerintah terbentur oleh adanya ketentuan kerahasiaan perbankan di dalam UU Perbankan. Oleh karena itu, pemerintah memilih opsi membuat Perppu untuk meniadakan kerahasiaan bank tersebut.

Menurut Sri Mulyani, AEoI sangat penting bagi Indonesia. Sebab banyak wajib pajak Indonesia menyimpan harta di luar negeri. Dengan ikut ketentuan AEoI, pemerintah bisa mendapatkan data keuangan wajib pajak tersebut.

“Saya yakin bahwa dewan sebagai wakil rakyat menginginkan yang terbaik bagi republik ini,” kata perempuan yang kerap disapa Ani itu.

Ia sendiri sudah berjanji akan membuat aturan ketat untuk memagari petugas pajak sehingga tidak menyalahgunakan kewenangan mengintip rekening nasabah untuk kepentingan di luar perpajakan.

Sebelumnya, Komisi XI DPR akan memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk meminta penjelasan terkait penerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2017. (Kompas)

Eh, Sudah Baca Ini Belum?

Dana Partai Naik Rp 1000/ Suara, Menkeu Berharap Parpol Berikan Pendidikan Polit... Navigasinews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyetujui kenaikan dana bantuan partai po...
Mengejutkan, Rumah Anggota DPR Ditembak Orang Tak Dikenal Navigasinews.com - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengaku rumahnya ditembak orang tidak dike...
Sri Mulyani Mulai Bersiap Menjelang Kebijakan Ekonomi Trump NavigasiNews - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, masih menunggu arah yang jelas dari kebijaka...
DPR Nilai Kebijakan Naikkan Biaya STNK-BPKB Sistem Main Paksa Navigasinews.com - Kebijakan pemerintah menaikkan biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK...
Konsultan Pajak Raup Untung Saat Pelaksanaan Tax Amnesty NavigasiNews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengetahui para konsultan pajak banyak menerim...