Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

MUI Sebut Hizbut Tahrir Indonesia Layak Dibubarkan

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin

Navigasinews.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menilai ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak memiliki kejelasan komitmen kebangsaan dan kenegaraan. Maka dari itu, menurut dia, HTI layak dibubarkan.

“HTI tidak menjadi bagian dari anggota Majelis Ulama Indonesia, karena tidak jelas komitmen kebangsaan dan kenegaraannya. KH Ma’ruf mengungkapkan di MUI organisasi kemasyarakatan atau ormas harus jelas komitmen kebangsaan dan kenegaraannya, serta tidak boleh ada yang anti-Pancasila,” ujar Ma’ruf dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu, 13 Mei 2017.

Rais Anam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini mengatakan hal tersebut dalam seminar yang bertajuk Manhaj Beragama ala Wali Songo Perekat Persaudaraan Islam dan Persatuan Nasional’ di Masjid Agung Ampel, Surabaya, Kamis, 11 Mei 2017 lalu.

Namun, lanjut Ma’ruf jika HTI berbalik dan bertobat dengan menghilangkan isu khilafah dan membuat komitmen kebangsaan maka bisa diberi hak hidup di Indonesia.

Untuk diketahui, diberitakan sebelumnya bahwa rencana pembubaran HTI disampaikan Menko Polhukam Wiranto usai bertemu dengan Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 8 Mei 2017.

“Mencermati berbagai pertimbangan, serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” jelas Wiranto.

Be the first to comment on "MUI Sebut Hizbut Tahrir Indonesia Layak Dibubarkan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*