Anggota Parlemen Belanda Minta Ahok Segera Dibebaskan

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Saat Pembacaan Vonis Hukuman

Navigasinews.com – Hukuman dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki T. Purnama alias Ahok, mencuri perhatian pejabat negara Belanda.

Tak lama usai hakim menjatuhkan vonis bersalah kepada Ahok, anggota parlemen Belanda Joel Vooderwind langsung meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Belanda Bert Koenders untuk mendesak Indonesia segera membebaskan Ahok.

Permintaan Vooderwind, seperti dikutip dari Telegraaf, Selasa (9/5/2017), didukung oleh berbagai partai yang ada di parlemen Belanda, seperti DA, PVV, SP, SGP, VVD, GroenLinks, PvdA, dan D66.

“Hukuman ini akan menciptakan tren di Indonesia bagi para kelompok Islamis garis keras, bahwa tekanan yang mereka lakukan beberapa minggu terakhir berbuah pada hukuman yang lebih tinggi dari tuntutan jaksa,” ujar Voordewind dalam debat di parlemen bersama Menlu Koenders.

Vooderwind lebih lanjut menyebut bahwa gerakan-gerakan massal bisa mengancam sistem peradilan di Indonesia.

“Jadi mereka menganggap mereka mendapatkan dukungan atas tindakan yang mereka lakukan. Ini bisa menjadi dasar bagi para hakim untuk membatasi kebebasan beragama. Indonesia sebelumnya dikenal dengan toleransinya dalam beragama,” lanjut Vooderwind lagi.

Tak sampai di situ, Vooderwind dikabarkan juga telah menghungi perwakilan Uni Eropa di Brussels, Belgia. Dirinya meminta agar Uni Eropa segera mengeluarkan pernyataan dan melakukan sebuah aksi nyata untuk menanggapi kasus yang menjerat Ahok ini.

“Kami menyerukan agar Ahok segera dibebaskan,” pungkas Vooderwind.

Seperti diketahui, saat ini Ahok telah ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menyusul vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim pada Selasa (9/5/2017) silam, dalam sidang kasus penodaan agama.

Be the first to comment on "Anggota Parlemen Belanda Minta Ahok Segera Dibebaskan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*