Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Seperti Ini Pengamanan Sidang Ahok Oleh Kepolisan

ilustrasi

Navigasinews.com – Sidang pembacaan keputusan vonis perkara kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (9/5).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihak kepolisian telah menyiapkan langkah untuk menjaga keamanan persidangan tersebut. Setidaknya 13 ribu personel bakal disiagakan untuk mengamankan jalannya persidangan.

“Kami sudah siapkan 13 ribu personel,” kata Argo, Senin (8/5).

Argo mengatakan, jumlah tersebut empat kali lebih banyak dari personel yang disiagakan dalam sidang-sidang sebelumnya. Biasanya, kepolisian hanya menyiagakan sekitar 3.000 personel dalam sidang Ahok di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Argo mengaku, kepolisian sudah mengantongi surat pemberitahuan aksi unjuk rasa di sekitar lokasi sidang.

“Dalam surat itu, disebutkan akan ada sekitar 5.000 massa yang akan turun ke jalan besok. Mereka massa yang kontra,” tutur Argo.

Argo menjelaskan, polisi akan menggunakan kawat dan barrier untuk menyekat massa di luar gedung Kemtan. Anggota juga akan membentuk barikade.

“Dengan harapan keduanya tidak akan berbenturan di situ. Biarkan orasi masing masing. Tentunya kami memberikan ruang untuk itu,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, pengamanan sidang sesuai dengan standard operating procedure (SOP) yang ada, sama dengan sidang-sidang sebelumnya.

“SOP-nya kan sama ya. Kami tetap standby di sit‎u. Sama seperti aksi-aksi sebelumnya. Kegiatan ini adalah domain kepolisian untuk mengawal dan mengamankan sidang ini. Tentunya kami akan minta bantuan juga dari TNI untuk ikut mengamankan sidang ini,” katanya.

Be the first to comment on "Seperti Ini Pengamanan Sidang Ahok Oleh Kepolisan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*