Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

HTI Dibubarkan Pemerintah, Bagaimana Dengan FPI?

Massa FPI

Menteri koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan pembubaran organisasi massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bakal dilakukan melalui proses hukum.

Menurutnya langkah tersebut untuk membuktikan pemerintah tidak secara sewenang-wenang membubarkan Ormas. Bahkan pihaknya sedang mengkaji ormas lainnya yang terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan azas dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

“Jadi fair, pemerintah tidak sewenang-wenang, tapi tetap bertumpu hukum yang berlaku di Indonesia,” ujar Wiranto dalam konfrensi pers di kantornya, jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

Lebih lanjut Wiranto menegaskan, pemerintah tidak segan-segan mengajukan langkah hukum terhadap Ormas yang dapat mengancam keamanan dan ketentraman masyarakat serta dapat mengancam eksistensi Indonesia.

Menurut Wiranto, pihaknya sedang mengkaji Ormas yang terindikasi menganggu keamanan sedang dikaji lebih mendalam. Termasuk Ormas Front Pembela Islam (FPI).

“Yang lain terus dipelajari, lewat lembaga peradilan, dan nanti terus dipelajasi. Jadi satu-satu dulu,” pungkas Wiranto.

Terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto merespons pihak yang menginginkan Front Pembela Islam (FPI) masuk dalam daftar organisasi kemasyarakatan (ormas) yang akan dibubarkan.

Menurtu Setyo, sampai saat ini pihaknya belum menemukan adanya gerakan atau ideologi FPI yang menyimpang dari Pancasila dan UUD 45. “Beda (dengan FPI). Ini memang HTI tegas tolak NKRI dan Pancasila. Mereka ingin bangun khilafah,” kata Setyo di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (8/5).

Selain itu, kata dia, kehadiran HTI kerap mendapatkan pertentangan oleh masyarakat umum. Karenanya, menurut Setyo, pemerintah perlu bertindak untuk membubarkan organisasi tersebut.

“Silakan dicermati beberapa kejadian masyarakat tolak HTI seperti di Malang, Surabaya, dan lain-lain,” kata dia.

Mengenai adanya perlawanan HTI pascawacana pembubaran tersebut, Setyo mengaku bahwa Polri akan mengantisipasinya. Namun, dia mengimbau HTI mengambil langkah hukum yang diatur dalam konstitusi negara.

“Kami akan antisipasi semaksimal mungkin,” kata Setyo.

Be the first to comment on "HTI Dibubarkan Pemerintah, Bagaimana Dengan FPI?"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*