Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Ajaib, Bocah Ini Ciptakan Listrik Dari Pohon Kedondong

Naufal dan instalasi listrik dari pohon kedondong

Navigasinews.com – Sebuah inovasi membanggakan indonesia tercipta dari ide genius seorang remaja asal Langsa, Aceh.
Dialah Naufal Rizki, pelajar kelas 3 MTSN Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh yang menemukan potensi listrik dari pohon yang selama ini hanya dikenal sebagai bahan jajanan rujak.

Penemuan ini membuktikan bahwa sumber energi listrik terbarukan tidak selamanya harus selalu dari angin, air, atau matahari. Berkat kecerdasannya, sedikitnya ada 60 rumah di Aceh telah memiliki lampu dimana listriknya berasal dari pohon kedondong.

Sebagaimana Dilansir sefsed.com (30/4/2017), Kisah penemuan Naufal bermula dari tugas sekolah, Naufal mencoba bereksperimen dengan beberapa buah yang dapat menghantarkan listrik. Dengan bantuan sang ayah yang kebetulan bekerja di elektronik, akhirnya ia berhasil menemukan sumber listrik alami dari pohon kedondong di depan rumahnya.

Temuan Naufal tahun lalu tersebut telah sampai beritanya ke pemerintah pusat. Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un mengatakan PT Pertamina telah membantu Naufal meningkatkan pemakaian dan pemanfaatan sumber energi dari pohon kedondong tersebut. Naufal sendiri diundang dalam acara Pertamina Science Fun Fair 2016 untuk mengenalkan temuannya.

Saat ini Menurut Naufal satu rumah dapat dialiri listrik melalui 10 pohon kedondong pagar. Temuan Naufal terbilang cukup mencengangkan, pasalnya ia menemukan ini saat berusia 10 tahun. Ditambah lagi ia melakukan lebih dari 60 percobaan yang menelan biaya sekitar Rp 14 juta.

Ditanya cita-cita dan keinginannya ke depan. Dengan sigap Naufal langsung menjawab ingin menjadi ilmuwan. “Saya ingin jadi ilmuwan dan kedepannya ingin mengembangkan eksperimen untuk menghidupkan alat elektronik,” ungkap Naufal.

Tidak semudah yang dibayangkan karena anak pertama dari Suprinan (43), ini harus berulang kali gagal saat melakukan eksperimennya. Akhirnya pada percobaan Ke-60 dirinya bersama sang ayah mampu meyakini bahwa pohon kedondong yang memang banyak tumbuh di desanya memiliki energi listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan lampu.

“Awal eksperimen itu pohon mangga, tapi tidak menghasilkan listrik ternyata. Sampai pada akhirnya saya menemukan pohon kedondong pagar ini yang getahnya (bisa) menjadi listrik,” tutur Naufal.

Menurutnya, dari hasil eksperimennya tersebut untuk satu elektroda yang dipasang ke pohon kedondong mampu menghasilkan energi listrik 0,5-1 volt. Energi sebesar itu mampu menghidupkan dua bola lampu yang menyala sepanjang hari.

Sejumlah pihak berharap listrik dari pohon kedondong ini dapat terus dikembangkan, terutama untuk menolong daerah-daerah terpencil yang belum dialiri listrik seperti desa dimana Naufal tinggal sekarang.

Be the first to comment on "Ajaib, Bocah Ini Ciptakan Listrik Dari Pohon Kedondong"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*