Cyber War, #AyoPenjarakanAhok VS #FreeAhok Iringi Sidang Ahok

ilustrasi cyber war [gambar: silikon.uk]

Navigasinews.com – Proses perjalanan sidang pledoi kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi sorotan netizen. Bagai perang, hashtag #AyoPenjarakanAhok dan #FreeAhok saling beradu di deretan trending topic twitter.

Saat ini, netizen yang mendesak Ahok dipenjara sampai menempati posisi nomor satu trending topic di Indonesia.

Dalam sidang yang berlangsung di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017), Ahok dijadwalkan membacakan nota pembelaan atau pledoi. Lewat pleidoi tersebut, Ahok menegaskan tidak pernah menyampaikan pernyataan yang menebar kebencian.

Tagar #AyoPenjarakanAhok sudah tercuit lebih dari 26 ribu kicauan. Beberapa di antaranya berisikan kalimat-kalimat yang menuntut keadilan agar Gubernur DKI Jakarta ini segera dipenjarakan.

Seperti misalnya cuitan akun @ssirah yang menyinggung tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Yang namanya JPU harus yakin dengan dakwaannya bukan malah meragukan lalu abaikan keterangan-keterangan saksi yang mereka hadirkan sendiri #AyoPenjarakanAhok,” kicaunya.

Kicauan senada juga diutarakan oleh akun @almahdi_indo. “JPU di sidang Ahok ada isyarat main mata. Apa hakim bisa netral. Rakyat disuruh hormati hukum, tapi hukum masih bisa dibeli ‘tanpa uang’,” cuit @almahdi_indo.

Gaung hashtag #AyoPenjarakanAhok ini sama ramainya dengan hashtag #FreeAhok. Berbeda dengan hashtag #AyoPenjarakanAhok yang sifatnya menyudutkan, hashtag #FreeAhok ini berisikan dukungan-dukungan terhadap Ahok.

“#FreeAhok @basuki_btp semangat pak..selalu ada pelangi setelah badai..GBU,” kicau akun @hon958.

“Kami bersyukur dan tidak pernah menyesal memberi dukungan kepada Pak Ahok. Kalah dan menang masyarakat yang menentukan, kami berusaha sebaik mungkin #FreeAhok,” cuit akun @LediIndonesia.

Ramainya hashtag #AyoPenjarakanAhok dan #FreeAhok sama panasnya dengan suasana persidangan. Tak lama ketika sidang pembacaan pleidoi dimulai, sejumlah pengunjung menyerukan takbir. Merasa sedikit terganggu, Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto meminta pengujung untuk tertib.

Be the first to comment on "Cyber War, #AyoPenjarakanAhok VS #FreeAhok Iringi Sidang Ahok"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*