Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

HMI Cabang Maktim Kecam Pembubaran Diskusi Lentera Negeri

Abdul Muis Amiruddin, Ketua Umum HMI Cabang Makassar Timur

Navigasinews.com – Insiden pembubaran diskusi Lentera negeri yang terjadi di makassar beberapa waktu lalu menuai berbagai kecaman. Salah satunya berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Ketua umum HMI Cabang Makassar Timur (Maktim), Abd. Muis Amiruddin menegaskan dirinya sangat menyangkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, hal tersebut adalah suatu pemandangan yang sangat tidak elok, diskusi tentang bagaimana mencerdaskan umat malah dibubarkan karena dicurigai menganut mashab tertentu.

Muis menjelaskan bahwa Indonesia tetap eksis hingga saat ini karena kita telah diikat oleh suatu konsep Kebhinekaan, namun kemudian hari demi hari telah kita saksikan bersama kelompok-kelompok tertentu yang berupaya memecah belah bangsa ini.

“Biasakanlah bertanya lalu berdiskusi, mungkin kebenaran akan engkau dapatkan disana. Bahwa kedamaian, keselamatan adalah cita-cita kita sebagai manusia.” ungkap Muis, dalam keterangan yang diterima navigasinews.com.

Menurutnya, pembongkaran tersebut sangat menghambat perkembangan dialektika generasi muda, apalagi jika dikaitkan dengan issu agama.

“membuat sebahagian orang ketakutan melihat orang-orang berjubah memaki dan berontak atas nama Agama. Sebahagian orang ketakutan sedang yang lainnya berdiri tegak menantang demi menjaga keutuhan Bangsa.” tegas Muis.

Menurut Muis, Negara ini hanya bisa bertahan jika saling menghormati dan saling mencintai dapat tumbuh diantara kita semua, berhentilah memaki mulailah dengan Sopan sebagaimana budaya bangsa.

“Berhentilah berontak bertanyalah dan mari temukan kebenaran Melalui Dialog” tuturnya.

Muis menambahkan, sebagai kelompok Akademis kita harus mengedepankan nilai-nilai rasionalitas. Dialog yang didahului oleh pertanyaan-pertanyaan adalah salah satu metodologi yang lebih nyaman dilakukan.

“Saling menghormati dan saling menghargailah, kita Manusia Indahnya jika kita saling memanusiakan. Kasus-kasus Intoleran tentu sangat disayangkan.” sanggah Muis.

Muis mengajak untuk meneladani perilaku nabiullah Muhammad SAW dalam mensyiarkan agama, memimpin Bangsa tanpa harus memaksa orang untuk mengikuti agamanya dan tanpa harus meninggakan kebudayaan yang ada. Madinah kala itu adalah Contoh yang mestinya kita semua jadikan teladan.

“Dalam konteks Indonesia, Nusantara ini punya kebudayaan, jauh sebelum Agama-agama Samawi datang, kita telah mengenal konsep Sopan santun, tatakrama, gotong royong dan sebagainya, semua itu yang harus dipelihara. jangan dirusak seolah merusaknya adalah jalan menuju Surga” papar Muis.

“Kita semua mesti bersama-sama menjaga keutuhan bangsa, saling menghargai dan mengedepankan sisi Rasionalitas.” tutup Muis.

Be the first to comment on "HMI Cabang Maktim Kecam Pembubaran Diskusi Lentera Negeri"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*