Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Bahas Kuliah Di Luar Negeri, Diskusi Lentera Negeri Dibongkar Ormas

Salah satu kegiatan Lentera Negeri (dok. Lentera Negeri)

Navigasinews.com – Tindak kekerasan terjadi lagi di kota makassar. Sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Lentera Negeri Dibubarkan secara paksa oleh oknum salah satu ormas di kota Makassar (Kamis/13/4/2017).

Diskusi tentang kuliah di luar Negeri bertema “Once Upon a Time in Karbala and Irak” dimulai pukul 19:00 WITA. Saat diskusi baru berlangsung sekitar 30 menit, tiba-tiba datang sekelompok orang tak dikenal. Mereka membubarkan paksa kegiatan diskusi karena dianggap menyebarkan paham sesat.

Syaharuddin Abbas SS yang juga alumni University of Al-Ma’had, Al-Islaamy Al-Aly, Karbala, Irak, tampil sebagai narasumber.

Syaharuddin juga adalah pengajar di Pesantren Nurul Junaidiyah Luwu Timur. Pesantren ini diasuh Ketua NU Luwu Timur (Lutim) sekaligus pengurus MUI setempat.

Sesuai tema, diskusi ini membahas bagaimana proses mendapatkan beasiswa, pengalaman saat berangkat kuliah dan beradaptasi di luar negeri.

Para pelaku pembubaran diskusi menggiring Narasumber dan peserta diskusi ke masjid untuk diinterogasi. Parahnya, dalam perjalanan ke masjid, narasumber dan beberapa peserta lainnya malah mendapatkan pukulan.

Selama proses interogasi di masjid, tas dan laptop para peserta diperiksa. Mereka dipaksa mengaku beraliran tertentu. Selama hampir satu jam kemudian, polisi datang mengamankan.

Namun, beberapa barang berharga milik peserta diskusi berupa satu unit laptop, dua tas dan KTP dirampas pelaku. Hingga hari ini belum dikembalikan.

Pendiri Lentera Negeri, Dr. Syahid Arsyad mengaku kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Polsek Tamalanrea. Beberapa korbanpun telah menjalani visum sebagai barang bukti.

“Kami berharap polisi bisa memproses aduan kami dan bisa bekerja profesional,” tulis Dr Syahid Arsyad, seperti dilansir tribun-timur.com, Jumat (14/4/2017).

Sebagai informasi tambahan, Lentera Negeri adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan anak yatim serta anak kurang mampu.

Lembaga yang didirikan sejumlah alumni HMI ini setiap bulan rutin menggelar diskusi.

Be the first to comment on "Bahas Kuliah Di Luar Negeri, Diskusi Lentera Negeri Dibongkar Ormas"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*