Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Tito Karnavian Dianugerahi Gelar Rajo Paga Alam

Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta Istri Tri Suswati saat diberi gelar Sangsako Adat dari suku Sikumbang Kamang Mudik, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Minggu (2/4/2017) [Foto: Andi Mardiansyah/VIVA.co.id]

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama istri Tri Suswati menerima anugerah gelar Rajo Paga Alam oleh masyarakat Adat Sangsako dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) Minggu, (2/4/2017).

Pemberian gelar ini sebelumnya sudah melalui kajian secara mendalam dan diputuskan melalui rapat yang dilakukan oleh suku Sikumbang Kamang Mudiak Agam.

“Tokoh adat dan Ninik Mamak berharap, dengan dianugerahkannya gelar tersebut, Kapolri dapat menjaga adat Minangkabau serta anak kemenakan Suku Sikumbang,” kata perwakilan Ninik Mamak kaum suku Sikumbang Kamang Mudik, Boy Lestari Datuk Palindih.

Dikutip dari halaman viva.co.id, Gelar penghargaan tersebuut merupakan apresiasi atas kinerja Tito dalam bertindak sebagai aparat keamanan negara, seperti halnya dalam aksi unjuk rasa 212 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Gelar itu juga diberikan sebagai bentuk terima kasih masyarakat Sumatera Barat – khususnya suku Sikumbang Kamang Mudik Kabupaten Agam – atas peningkatan status Polda Sumatera Barat menjadi Tipe A.

Adapun makna dari gelar yang diberikan kepada Kapolri beserta Istri yakni, Sutan, yang berarti orang baik, Rajo berarti Raja, Paga berarti Pagar atau benteng dan Alam yang dimaknai dengan alam Indonesia.

Sementara gelar Tri Suswati adalah Puti yang bermakna Perempuan baik-baik dan Linduang berarti melindungi dan Alam yang berarti Alam Indonesia.

Be the first to comment on "Tito Karnavian Dianugerahi Gelar Rajo Paga Alam"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*