Ini Alasan Mengapa Angkutan Online Banyak Diminati Warga

ilustrasi penggunaan aplikasi angkutan online

Sepekan terakhir, sopir angkutan kota dan ojek pangkalan di sejumlah daerah, kompak menyerukan penolakan terhadap angkutan berbasis online. Keberadaan angkutan online dinilai telah merebut penumpang mereka yang pada akhirnya membuat penghasilan menurun drastis. Mereka pun menuntut pemerintah melarang angkutan online beroperasi.

Lalu, bagaimana pandangan pengemudi angkutan online? Salah satu pengemudi, Budi Hartadi, menyatakan transportasi berbasis aplikasi di internet ini justru paling dicari masyarakat karena tarifnya lebih murah dibanding taksi konvensional dan mudah didapat. Jasa transportasi model baru ini juga diklaim ikut membantu pemerintah mengatasi masalah transportasi saat ini.

Saat ini Budi menjalani dua profesi sekaligus, yakni pengemudi angkutan online dan menjadi agen properti.

“Awalnya saya mendaftar di taksi online ini karena memang peminatnya sangat banyak, terutama pada 2015, taksi online berada di masa keemasannya,” kata warga Tangerang Selatan ini sebagaimana dilansir dari Beritasatu.com, baru-baru ini.

Meski diminati masyarakat, Budi mengaku tak mudah juga mendapatkan uang melalui profesi baru tersebut. Pendapatannya sehari berkisar Rp 200.000 sampai Rp 600.000. Pendapatan sebesar itu harus dikurangi biaya sewa mobil Rp 200.000 sehari, biaya bahan bakar, dan juga ongkos perawatan. Kondisi itu diperparah penurunan tarif dari Rp 4.500 per kilometer menjadi Rp 3.000 per kilometer setelah Lebaran tahun lalu.

“Jadi kalau ada ricuh antara (angkutan) konvensional dengan online, sih menurut saya cuma soal perut. Kelebihan kami kan karena jemput bola. Kami bisa menjangkau lokasi konsumen langsung, jadi jelas kalau konsumen lebih memilih kita, dengan tarif murah kami bisa jemput bola. Sedangkan (angkutan) konvensional belum bisa seperti itu, sehingga konsumen mereka berkurang. Ya jelas mereka protes,” tuturnya.

Untuk mengatasi berbagai kericuhan antara pengemudi angkutan online dengan konvensional, Budi berharap pemerintah memberi solusi yang bijak bagi kedua belah pihak.

“Keberadaan kami justru membantu pemerintah mengatasi masalah transportasi saat ini. Kami berharap pemerintah sebagai regulator lebih bijak menyikapi kasus ini,” katanya.

Be the first to comment on "Ini Alasan Mengapa Angkutan Online Banyak Diminati Warga"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*