PT. Freeport Dituntut Patuhi Divestasi Saham

Pembicara diskusi yang diselenggarakan oleh Posko Rakyat Lawan Freeport bertajuk "Mungkinkah Nasionalisasi Freeport?" di Margasiswa PP PMKRI, Jln. GSSJ Ratulangi (23/3).

Navigasinews.com – Posko Rakyat Lawan Freeport mendukung ketegasan pemerintah dalam menuntut divestasi saham PT. Freeport sampai 51% harus menjadi milik Indonesia. Hal tersebut mencuat sebagai materi dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Posko Rakyat Lawan Freeport bertajuk “Mungkinkah Nasionalisasi Freeport?” di Margasiswa PP PMKRI, Jln. GSSJ Ratulangi (23/3).

Posko Rakyat Lawan Freeport yang terdiri dari PMKRI, GMKI, LMND, KMHDI, Hikmahbudhi, Kornas, SRMI, dan Jaman. Dalam diskusi publik tersebut, pembicara yang menyempatkan hadir antara lain Hadi M (staf khusus Menteri ESDM), Jhony Nelson Simanjuntak (aktivis HAM), Hendra Sinadia (ahli pertambangan dari Indonesian Mining Institute), dan John Nr. Gobai (perwakilan Dewan Adat Meepago Papua).

Bernadus Tri Utomo, kordinator Posko menyampaikan 3 tuntutan utama, “penggantian Kontrak Karya menjadi IUPK, pembangunan Smelter, dan divestasi saham. Jika tidak dipatuhi, kita lebih setuju untuk nasionalisasi,” ujar Tomtom sapaan Bernadus Tri Utomo.

Sementara Hadi M (stafsus Menteri ESDM) menyampaikan bahwa, “keberanian presiden Jokowi dan Menteri Ignatius Jonan patut diapresiasi dan didukung, sampai ke pengadilan arbitrase. Divestasi 51% adalah hal yang mutlak dipatuhi oleh Freeport, oleh karena Indonesia harus berdaulat di tanahnya sendiri.”

Alan Singkali (Sekum PP GMKI) menyampaikan, “dimanapun industri tambang cenderung mengabaikan keadilan terhadap alam dan masyarakat sekitar. Disitu letaknya pelanggaran HAM terhadap keberlangsungan hidup masyarakat. Masyarakat Papua khususnya Suku Amungme dan Kamoro, yang sudah selama hampir 50 tahun terdampak langsung dari penambangan di Freeport, harus masuk dan menempati posisi penting dalam skema perjanjian IUPK yang akan dibahas diwaktu yang akan datang untuk memenuhi UUD Pasal 33 dan norma dalam Nawacita Jokowi.”

Beberapa waktu ke depan, Posko akan kembali mengkonsolidasikan barisan untuk menyelenggarakan rencana tindak lanjut dari diskusi-diskusi yang dilaksanakan.

Be the first to comment on "PT. Freeport Dituntut Patuhi Divestasi Saham"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*