Ketahui Hal Ini Sebelum Mengajukan KTA

NavigasiNews – Pinjaman tanpa agunan atau KTA memiliki banyak jenis biaya. Ketahui apa saja biaya-biaya seputar pinjaman tanpa agunan agar dapat memutuskan KTA paling ekonomis sesuai kebutuhan.

Meminjam kredit tanpa agunan (KTA) ke bank banyak dipilih oleh orang, ketika memiliki kebutuhan uang tunai dalam waktu singkat dan jumlah cukup besar. Perbankan juga cukup agresif memasarkan produk pinjaman tanpa agunan ini.

Tidak heran bila dalam mempromosikan produk ini, bank seringkali menonjolkan sisi bunga murah KTA. Tetapi apakah tawaran bunga murah menjadikan sebuah produk KTA tersebut layak kamu pilih? Belum tentu.

Sebelum memutuskan mengambil tawaran KTA yang mengimingi bunga murah, kamu perlu juga menghitung biaya lain-lain yang menyertai produk tersebut. Produk KTA paling bagus, tentu saja yang paling ekonomis dan sesuai kebutuhan kamu.

Berikut, beberapa jenis biaya yang umum menyertai sebuah produk pinjaman tanpa agunan atau KTA:

1. Biaya bunga

Bunga pinjaman pada dasarnya adalah harga yang dipatok bank itu bagi nasabah yang mengajukan utang. Dalam hal ini, uang pinjaman adalah obyek transaksi. Bunga pinjaman tanpa agunan tergolong tinggi sebanding dengan risiko yang dihadapi bank ketika memberikan pinjaman.

Seperti namanya, pinjaman KTA tidak mewajibkan adanya agunan atau jaminan ketika si nasabah atau debitur mangkir dari kewajiban pembayaran utang. Ketiadaan agunan ini membuat bank membanderol biaya atau bunga tinggi pada produk KTA mereka.

Di pasar saat ini, bunga pinjaman tanpa agunan rata-rata ditawarkan mulai 0,99% sampai di atas 2% per bulan. Atau, mulai 12%-24% per tahun. Beberapa bank malah ada yang menawarkan bunga pinjaman tanpa agunan di bawah 10%. Di sisi lain, tidak sedikit pula bank yang menawarkan bunga pinjaman tanpa agunan hampir 40% per tahun.

Besar bunga pinjaman tanpa agunan ini menjadi penentu terbesar beban cicilan yang harus dibayar oleh nasabah kelak. Berbeda dengan penghitungan bunga KPR, untuk bunga KTA, bank menghitungnya dengan metode flat. Artinya, bunga KTA selalu dihitung berdasarkan besar pinjaman awal.

2. Biaya administrasi

Hampir semua bank penyedia KTA mematok biaya administrasi bagi pencairan kredit tanpa agunan. Besarnya beragam. Ada yang mematok dalam persentase mulai 0,1% dari total plafon KTA yang cair.

Tidak sedikit juga, bank yang mematok biaya administrasi hingga di atas tiga persen untuk pencairan pinjaman tanpa agunan ini. Di beberapa bank, biaya administrasi kadangkala disebut juga biaya persetujuan pencairan kredit.

3. Biaya provisi

Biaya provisi adalah biaya pencadangan kredit yang wajib disiapkan oleh bank untuk setiap jenis pencairan pinjaman. Besarnya beragam, rata-rata bank penyedia pinjaman tanpa agunan mematok sekitar satu persen dari nilai plafon pinjaman KTA yang cair.

Be the first to comment on "Ketahui Hal Ini Sebelum Mengajukan KTA"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*