Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Kemenhub Akan Kelola Bandar Juwata Dan Sentani Bersama Angkasa Pura

NavigasiNews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menjalin kerja sama dengan PT Angkasa Pura I (AP I) (Persero) dalam pengelolaan dua bandara, yaitu Bandara Juwata di Tarakan, Kalimantan Utara dan Bandara Sentani di Jayapura.

Belum ada perintah tertulis dari Kemenhub kepada AP I dalam kerja sama pengelolaan dua bandara tersebut. Sehingga belum bisa diketahui pasti dua bandara tersebut akan dialihkan asetnya ke AP I atau hanya sebagai pengelola bandara saja.

Corporate Secretary AP I Israwadi menyebutkan, dibutuhkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum dalam jalinan kerja sama ini. Jika aset kedua bandara tersebut dialihkan ke AP I maka dibutuhkan PP terkait Penyertaan Modal Negara (PMN) yang perlu persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga Kementerian BUMN.

“Itu membutuhkan PP Penyertaan Modal Negara (PMN) diserahterimakan, seperti kami alami misalnya (Bandara) Kupang. Itu bukan hanya di Kemenhub, harus bicara dengan Kemenkeu sebagai bendahara negara karena ada perpindahan aset dari pemerintah ke BUMN,” ujar Israwadi, Minggu (19/2/2017).

Israwadi menambahkan, Bandara Sentani di Jayapura dimiliki oleh Kementerian Perhubungan, sedangkan Bandara Juwata di Tarakan belum diketahui dengan pasti siapa pemiliknya. Namun, Bandara di utara Kalimantan tersebut sempat dibangun oleh Kemenhub.

“Kalau Sentani (milik) Kementerian Perhubungan, kalau Juwata di Tarakan belum tahu persis. Kemarin ada pembangunan dari Kemenhub cuma kadang-kadang lokasi tanah itu kadang ada milik daerah,” ujar Israwadi.

Pihaknya juga menyarankan, agar dibentuk tim khusus yang terdiri dari Kemenhub, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, dan AP I. Tim ini nantinya khusus membahas kerja sama Kemenhub dengan AP I terkait pelimpahan aset atau pengelolaan dua bandara tersebut.

“Kalau udah ada tim itu mungkin kerjanya lebih cepat. Harus ada tim, nanti tim report ke pimpinan masing-masing ke Kemenhub, Kementerian BUMN, Kemenkeu baru diusulkan ke Presiden bentuk PP kalau aset diserahkan ke kita,” kata Israwadi.

“Kalau hanya ditugaskan pengelola aja itu jauh lebih cepat tidak ada pengalihan aset, hanya scheme bisnis,” lanjut Israwadi.

Be the first to comment on "Kemenhub Akan Kelola Bandar Juwata Dan Sentani Bersama Angkasa Pura"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*