Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Pembebasan Lahan Lancar, Target 2018 Tol Di Pulau Jawa Tersambung

NavigasiNews – Pemerintah terus menggeber pengerjaan Jalan Tol Trans Jawa. Targetnya, pada tahun 2018 semua ruas tol di pulau terpadat di Indonesia itu bisa tersambung.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pihaknya optimis target tersebut bisa terealisasi tepat waktu. Pasalnya, pembebasan lahan yang selama ini jadi masalah paling klasik hambatan pembangunan infrastruktur sudah bisa ditangani.

“Saya kira klasik, lahan. Tapi sekarang seperti Solo-Kertosono atau dari Salatiga ke Solo Kartosuro itu sudah 97% lebih lahan (dibebaskan). Ada yang 100% tapi rata-rata 97% lebih. Juga di Kartosuro-Sragen-Ngawi sudah 93% lebih. Jadi Insya Allah target 2018 Trans Jawa bisa tercapai,” ungkap Basuki saat kunjungan kerjanya ke Semarang, Jumat (17/2/2017).

Pembebasan lahan, menurut Basuki, saat ini bisa dilakukan dengan lebih singkat. Hal ini tak lepas dari regulasi baru yang dibuat pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Aturan yanng memudahkan pembebasan lahan tersebut yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 148 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Perpres Nomor 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Jadi sudah tidak ada masalah dengan pembebasan lahan karena beberapa terobosan. Pertama undang-undang baru, yang kedua izin dari Menteri Keuangan menggunakan dana talangan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol), itu mempercepat pembebasan lahan,” ujar dia.

Salah satu ruas tol Trans Jawa yang mayoritas lahannya sudah bebas dan sedang dibangun adalah Semarang-Solo seksi III Bawen Salatiga.

Tol yang merupakan kelanjutan dari seksi II Ungaran-Bawen saat ini telah menyelesaikan tahapan pembebasan lahan 99%, dengan kemajuan konstruksi 90,48%.

Be the first to comment on "Pembebasan Lahan Lancar, Target 2018 Tol Di Pulau Jawa Tersambung"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*