Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Jokowi : Pembangunan Harus Dobrak Pakem, Biar Tidak Ketinggalan

NavigasiNews – Pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur dalam 5 tahun ini. Agar bisa berjalan lancar, maka dibutuhkan terobosan pembiayaan di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), pola pembiayaan infrastruktur di luar anggaran pemerintah telah berjalan di sejumlah negara, misalnya Kanada dan Malaysia.

“Negara lain seperti Kanada dan Malaysia sudah lebih dulu menggunakan dana dan mengalokasikan dana-dana pensiun, dana-dana kelolaan jangka panjang untuk masuk ke bidang infrastruktur,” tutur Jokowi dalam acara Financial Closing Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) dan Launching PPP Book 2017 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

“Kita tidak boleh tertinggal. Di era persaingan, di era kompetisi global ini, tak perlu banyak beretorika. Kita harus berani mendobrak pakem, melakukan terobosan. Kalau tidak, ditinggal kita,” lanjut Jokowi

Skema pembiayaan di luar anggaran pemerintah itu misalnya, kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atau dikenal juga dengan Public Private Partnership (PPP) hingga pembiayaan dari BUMN yang menghimpun dana masyarakat seperti PT Taspen (Persero)

Scheme-scheme khusus PPP, Reksadana Terbatas terus dilakukan. Taspen yang dulu tidak pernah ikut-ikutan dalam pembangunan infrastruktur, sekarang mulai ikut sehingga bisa mendukung. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) kita untuk memperkuat ekuitas yang ada,” kata Jokowi.

Jokowi berpesan, skema pembiayaan infrastruktur di luar APBN tak hanya diterapkan pada pembangunan jalan tol, tapi juga untuk proyek infrastruktur lainnya seperti pelabuhan, bandara, energi untuk pembangkit listrik, untuk kilang minyak dan lain-lainnya.

Dia mencontohkan, proyek penyediaan air minum Umbulan di Jawa Timur yang akhirnya jalan lewat skema PPP.

“Saya kira hal-hal seperti ini yang harus dicarikan jalan terobosan, di luar pakem-pakem yang rutinitas, sering kita jalani, kita nikmati,” pungkas Jokowi.

Be the first to comment on "Jokowi : Pembangunan Harus Dobrak Pakem, Biar Tidak Ketinggalan"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*