Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

Impor Gas Belum Tentu Mampu Tekan Harga

NavigasiNews – Kebijakan mengimpor gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) belum pasti bakal membuat harganya turun di level pengguna (end user). Pasalnya, impor gas itu masih harus melalui banyak tahap sebelum sampai ke pengguna.

Menurut Kepala Divisi Komersialisasi Gas Bumi SKK Migas, Sampe L Purba, ada sejumlah faktor yang menyebabkan impor tidak serta-merta menurunkan harga LNG pada tingkat pengguna. Pertama karena secara keseluruhan harga LNG itu bersaing di seluruh dunia. Kedua, agar LNG yang diimpor itu sampai ke end user, ada tahapan shiping, regasifikasi, transmisi, dan distribusi.

Dia mencontohkan, harga LNG impor relatif tergantung apakah negara kita memiliki fasilitas penampung. “Di Amerika harga murah karena tersedia pipa atau fasilitasnya,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Infrastruktur, jelas Sampe, sangat penting dalam penyaluran LNG. Ia mencontohkan beberapa persoalan teknis bisa saja terjadi. “Barangnya ada, buyer belum ada atau infrastruktur belum tersedia, jadi itu merupakan suatu faktor.”

Lalu, tambah dia, sebelum gas yang sudah dalam bentuk cairan itu dikapalkan, ada proses regasifikasi. “Kemudian dia dibawa melalui saluran transmisi. Jadi, itu semua harus berjalan. Fasilitas regasifikasi itu cuma tiga sampai empat tempat, belum menjangkau seluruh Indonesia.”

Berkaca dari hal itu, Sampe mengusulkan agar ada kajian ulang atas rencana impor gas bagi industri tersebut. Sebab, harganya tidak berbeda jauh dengan domestik.

Menurut Sampe, ada hal lain yang bisa dilakukan agar target Presiden Joko Widodo yang ingin harga gas US$6 per MMBTU bagi industri terwujud. “Harga itu bisa di-indeks. Supaya gas turun US$6, harus landed price-nya diperhitungkan.”

Dia menambahkan, melambungnya harga gas akibat faktor rantai pasok dari penyedia hingga ke pengguna akhir. Contohnya, di Sumatra Utara harga gas sempat US$12 per MMBTU. “Penyebabnya itu biaya pasok. Jadi, murahnya impor di mana? Makanya kata saya impor tidak serta-merta menurunkan harga,” beber dia.

Be the first to comment on "Impor Gas Belum Tentu Mampu Tekan Harga"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*