Kerja Nyata Kapolri, Pilkada Serentak 2017 Berlangsung Aman

Kapolri, Jenderal Polisi Drs. HM. Tito Karnavian MA Ph.D

Navigasinews.com – Salah satu dari daftar tugas berat Kapolri, Jenderal Tito Karnavian adalah memastikan Pilkada serentak 2017 berlangsung dengan aman dan terkedali. Harapan tersebut bermunculan ketika dirinya ditunjuk sebagai kandidat tunggal Trunojoyo 1 di pertengahan Juni 2016 silam.

Oleh karenanya, Jenderal Tito Karnavian menuangkan upaya tersebut dalam salah satu misinya yakni meningkatkan Harkamtibmas dengan mengikutsertakan publik melalui sinergitas polisional. Poin ke-7 dari 8 misi yang ia sampaikan ketika fit and proper test di hadapan legislator senayan kala itu.

Betapa tidak, pilkada serentak tahun 2017 digelar di 101 Daerah yang terdiri dari 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten pada hari Rabu, 15-2-2017. Separuh waktunya pun difokuskan untuk memelihara keamanan dan ketertiban Masyarakat menyambut pemilihan kepala daerah serentak.

Menjelang Pilkada serentak digelar, Jenderal Tito Karnavian pun kembali menegaskan dirinya akan berupaya penuh dan sekuat tenaga dalam menjaga keamanan. “Untuk masalah pilkada, kami akan all out. Angka resminya lebih kurang 70 ribu personel yang dipersiapkan,” ujar Kapolri di sela Rapat Pimpinan Polri 2017, di Gedung PTIK, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Kami mencoba menelusuri langkah nyata yang dilakukan oleh Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam mengimplementasikan misinya tersebut di ruang Pilkada Serentak tahun 2017. Berikut Ulasannya:

Klasifikasi dan Zonasi Daerah Rawan Dengan Tepat

Jenderal Tito Karnavian telah memetakan beberapa daerah yang memang menjadi rawan konflik dalam Pilkada 2017 kali ini.

“Akan fokus terhadap beberapa daerah, seperti Jakarta, Aceh, dan Papua Barat,” ujar Tito saat memberi pengarahan dalam rapat pimpinan (Rapim) Polri di gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Ba‎ru, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2017).

Panasnya suhu politik di Pilkada DKI Jakarta mendukung pemetaan tersebut. Isu penistaan agama oleh salah satu kandidat yang juga merupakan petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah melahirkan gejolak besar di ibukota negara. Kita bisa lihat bersama, bagaimana deretan aksi bela islam 1-2, hingga aksi 112 yang terjadi beberapa hari silam.

Selain itu, Provinsi Aceh dan Papua Barat juga tak kalah prioritasnya. Daerah Istimewa Nanggroe Aceh Darussalam diikuti 6 kontestan pilkada dan beriringan dengan 20 pemilihan bupati. Sehingga Provinsi Aceh pun menjadi daerah yang akan paling banyak menggelar pilkada pada tahun 2017, yakni satu pemilihan gubernur dan 20 pemilihan bupati dan wali kota.

Halaman Selanjutnya ->

Be the first to comment on "Kerja Nyata Kapolri, Pilkada Serentak 2017 Berlangsung Aman"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*