Mandalika Akan Punya Marina Saingi Nusa Dua

NavigasiNews – Pemerintah akan menggenjot pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok dalam beberapa tahun ke depan. Sejumlah rencana besar sudah dipersiapkan.

Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika siap menjadikan kawasan itu lebih baik dari Nusa Dua Bali.

“Nusa Dua itu membutuhkan 20 tahun. Kami ingin Mandalika bisa dipangkas hanya 10 tahun-15 tahun,” ujar Direktur Utama ITDC Abdullah Mansyur di Mandalika, Sabtu (11/2/2017).

Di dalam pengembangannya, KEK Mandalika akan dilengkapi dengan fasilitas resor mewah layaknya Nusa Dua. Termasuk pembangunan marina atau dan sirkuit balap.

Pembangunan marina bertujuan agar banyak kapal-kapal pesiar bisa merapat di KEK Mandalika.

Selama ini kapal pesir justru memilih bersandar di Singapura karena berbagai alasan., Sementara itu, pembangunan sirkuit merupakan tindak lanjut terkait peluang Mandalika menajdi tuan rumah gelaran Moto GP di Indonesia.

Pada tahap awal, pembangunan KEK Mandalika membutuhkan dana hingga Rp 3,3 triliun. Selama ini sektor pariwisata kerap identik dengan Bali.

Pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata itu bahkan memiliki kawasan dengan resor-resor mewah bertaraf internasional yakni Nusa Dua.

ITDC selaku BUMN pengelola KEK Mandalika bukankah perusahaan kemarin sore dalam urusan pengembangan satu kawasan. Sebab perusahaan tersebut juga merupakan pengembang Nusa Dua.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, tujuan pembangunan KEK Mandalika tidak lain adalah untuk menciptakan pemerataan ekonomi, terutama dari sektor pariwisata.

“KEK ini adalah kebijakan pemerintah untuk memadukan pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan,” ujar Darmin saat kunjungan di Mandalika.

Menurut Darmin, pemerintah akan mendorong percepatan pembangunan KEK Mandalika. Diharapkan dalam 10 tahun-15 tahun ke depan, Mandalika bisa setara Nusa dua, bahkan mengalahkannya.

Be the first to comment on "Mandalika Akan Punya Marina Saingi Nusa Dua"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*