Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara

KRL Rangkasbitung – Tanah Abang Akan Beroperasi, Tarif Hanya Rp 8000

NavigasiNews – PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal segera mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Tanah Abang-Rangkasbitung pada bulan ini. Aktivasi rute ini merupakan perpanjangan dari operasi KRL Maja-Rangkasbitung yang sudah ada saat ini.

VP Corporate Communication PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunnisa, mengatakan untuk tahap awal baru akan dioperasikan 4 perjalanan dengan menggunakan 1 rangkaian kereta. Satu rangkaian terdiri dari 10 gerbong reguler.

“Kalau jadi dioperasikan bukan Februari ini, kita sudah siapkan 1 rangkaian dengan 4 perjalanan. Jadi masing-masing melayani 2 (perjalanan) di pagi hari, dan 2 lagi di sore hari,” jelas Eva, Minggu (12/2/2017).

Diungkapkannya, selanjutnya pada April nanti, KCJ akan menambah lagi menjadi 5 rangkaian. Dengan tambahan tersebut, rute Tanah Abang sampai Rangkasbitung akan memiliki setidaknya 18-20 perjalanan KRL pulang pergi. Jumlah perjalanan tersebut diatur dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017 yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan.

“Jadi kalau setelah April kan sudah mengikuti Gapeka 2017 yang ada. Targetnya antara 18-20 kali perjalanan dari Tanah Abang-Rangkasbitung. Kesiapan lain loket dan gate sudah kita bangun di Rangkasbitung dan Citeras,” ujar Eva.

Jika dihitung dari Stasiun Tanah Abang, maka jarak tempuh KRL hingga ke Rangkasbitung sejauh 72 kilometer.

“Artinya kalau dari Tanah Abang sampai ke Rangkasbitung itu dihitung tarif ya Rp 8.000. Karena 25 kilometer pertama Rp 3.000. Kemudian Rp 1.000 untuk setiap 10 kilometer berikutnya,” kata Eva.

Sebenarnya, tarif tersebut lebih mahal daripada tiket kereta lokal yang saat ini masih beroperasi dari Rangkasbitung ke Stasiun Angke dan sebaliknya, harganya tiket kereta lokal Rp 4.000 untuk semua perjalanan.

Dia melanjutkan, jika sudah beroprasi penuh seluruh rangkaian KRL pada April nanti, maka perjalanan kereta lokal yang sebelumnya melayani rute Stasiun Angka-Rangkasbitung otomatis akan dihapuskan.

“Setelah KRL itu berjalan, nanti kereta lokal akan dihapus. Jadi penumpang yang sebelumnya dari Rangkasbitung mau ke Angke, harus turun di Tanah Abang dan melanjutkan perjalanan dengan KRL lain,” jelas Eva.

Be the first to comment on "KRL Rangkasbitung – Tanah Abang Akan Beroperasi, Tarif Hanya Rp 8000"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*