Kereta Api Cepat dan Satelit, Proyek Strategis Nasional

NavigasiNews – Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) akan mengusulkan lebih dari 40 proyek untuk masuk daftar baru proyek strategis nasional (PSN). Usulan proyek tersebut mencakup antara lain proyek satelit, proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, proyek pelabuhan Patimban, dan proyek Tangguh LNG Train 3 di Papua Barat.

Deputi Bidang Kordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian Wahyu Utomo menjelaskan, ada 117 proyek yang diusulkan oleh kementerian dan lembaga. Selain itu juga terdapat 13 usulan lainnya dari BUMN atau Pemerintah Daerah sehingga total usulannya menjadi 130 proyek.

“Dari jumlah tersebut kita lihat dari kriteria kelengkapan dokumen, hanya ada 78 proyek yang lengkap. Artinya, ada dukungan dari menteri teknis. Dari jumlah tersebut kita cek lagi dengan kriteria lain yang lebih teknis dan substansif hingga menjadi 44 proyek yang potensi clear dan akan kita usulkan ke presiden,” terang Wahyu di Jakarta, kemarin.

Jumlah itu, lanjutnya, bisa bertambah karena masih ada 12 usulan proyek yang akan dibahas pekan depan. Usulan proyek-proyek itu akan dibawa ke Presiden Joko Widodo untuk kelak dimaktubkan dalam revisi Peraturan Presiden No 3/2016 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional.

Wahyu menerangkan, dari total PSN yang sebelumnya 225 proyek, 20 sudah selesai dan 18 proyek dikeluarkan dari daftar. Proyek yang dikeluarkan dipandang menteri sektor bersangkutan tidak lagi strategis, atau tidak ada dukungan pemerintah daerah terhadap proyek tersebut. “Ini kita evaluasi setiap 6 bulan,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan kementeriannya mengusulkan pengadaan satelit. Jika terlaksana, Indonesia akan memiliki satelit sendiri pada 2021. “Mulai tender di kuartal 3 (2017). Penetapan kontrak pertengahan 2018 hingga financial closing, baru fabrikasi 2 tahun dulu,” terang Rudiantara.

Be the first to comment on "Kereta Api Cepat dan Satelit, Proyek Strategis Nasional"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*