Bekraf Siapkan Lahan Bagi Perusahaan Startup Indonesia Di Ajang CeBIT

NavigasiNews – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, siap membawa 14 produk usaha kecil dan menengah, termasuk perusahaan rintis atau startup, dalam negeri ke ajang CeBIT yang merupakan pameran produk teknologi informasi terbesar di dunia.

Direktur Pemasaran Luar Negeri Bekraf Bonifasius Pudjianto mengatakan pemerintah telah menyiapkan lokasi dengan total 14 gerai untuk ikut serta dalam ajang yang dihelat di Hannover, Jerman pada 20 hingga 24 Maret 2017 mendatang tersebut.

“Ini adalah bentuk implementasi dari amanah presiden. Kita harus terus mempromosikan ekonomi kreatif salah satunya dengan mengikuti pameran-pameran di luar negeri,” ujar Bonifasius saat membuka secara resmi pendaftaran peserta CeBIT di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Walaupun baru pertama kali terlibat dalam ajang terbesar itu, Bekraf yakin dapat membantu mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk tumbuh besar dan megharumkan nama baik bangsa.

Boni menyebutkan target-target yang dimaksud adalah bisa terciptanya berbagai kontrak kerja antara pelaku startup dan UKM dalam negeri dengan perusahaan-perusahaan internasional. Dengan begitu, industri yang tengah bertumbuh pesat itu dapat memperluas pasar di negara lain.

Pemerintah tengah mencoba fokus mendorong enam sektor ekonomi kreatif yang dianggap memiliki peluang kuat untuk berkembang. “Sektor film, musik dan aplikasi atau game berpotensi besar tetapi belum tumbuh dengan baik di negeri sendiri sehingga akan kami angkat dulu ekosistemnya. Agar bisa menguasai pasar lokal baru kita fokus ke luar,” jelasnya.

Sementara, tiga sektor lainnya adalah unggulan seperti fashion, kriya dan kuliner. Ketiganya, sambung Boni telah mampu mendatangkan pendapatan yang besar sehingga pemerintah tinggal memantapkan pasarnya di luar negeri.

“Saat ini persiapan untuk para pelaku kreatif Indonesia untuk tampil di SXSW sudah mencapai tahap akhir. Proses kurasi yang berjalan semenjak 2016 telah selesai,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Pelaku kreatif di bidang musik, film, aplikasi dan games developer yang akan mewakili Indonesia untuk berpartisipasi dalam event SXSW 2017 antara lain group musik Lightcraft, The Trees and The Wild, dan Kimokal.

Sementara, dari bidang start-up aplikasi digital, tim juri memilih Qlue.id, Happy5.co, Kostoom, Kuassa, dan Dreadout. Tidak hanya itu, Bekraf juga mengundang lima perusahaan Tanah Air yakni Go-Jek, AR & Co, PicMix, GDP dan EMTEK yang dianggap mampu mempresentasikan Indonesia di SXSW.

Be the first to comment on "Bekraf Siapkan Lahan Bagi Perusahaan Startup Indonesia Di Ajang CeBIT"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*